USD100 Baru Ada Gambar Bel Berubah-ubah Warna

Silvia Ramadhani, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2013 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 10 23 213 885710 GBG4MKSZxn.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menentukan keaslian uang kertas dengan cara meletakkan di bawah cahaya menimbulkan rasa tidak nyaman bagi warga Amerika Serikat (AS). Sebab menimbulkan ketidakpercayaan antara si penerima dan pemberi uang.

"Uang baru ini lebih mudah digunakan, karena dapat diperiksa dengan hanya memiringkan sedikit saja uangnya tandanya sudah kelihatan," kata Chief Cashier US Federal Reserve Michael Lambert di Pusat Kebudayaan Amerika, Pasific Place Rabu (23/10/2013).

Michael menjelaskan, dalam pecahan USD100 baru terdapat gambar bel yang akan mempermudah masyarakat memeriksa keasliannya. Jika uang dimiringkan

sedikit, gambar bel tersebut akan berubah warna dari warna tembaga ke

hijau.

Hal ini menjadi salah satu inovasi kebanggaan Bank Sentral AS, karena akan memudahkan masyarakat membedakan uang asli dan palsu tanpa harus

mengamati secara detail.

"Jadi ini sangat memudahkan, saya juga sangat berharap masyarakat turut mendukung pemberantasan pengedaran uang palsu dengan melakukan langkah-langkah yang ditentukan," jelasnya.

Langkah yang dimaksud, adalah fitur keamanan USD100 baru bisa dengan mudah dipelajari. Kedua, mendatangi kantor kepolisian melaporkan diri jika menemukan uang palsu dengan menuliskan nama dan identitas yang jelas. (kie)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini