Gedung Lonsum yang Punya Lift Pertama Kali di Medan

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2013 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 28 474 888181 EDcIic63E4.jpg Ilustrasi (Foto: flickr)

JAKARTA - Terletak di sudut Jalan A Yani, Medan, sebelumnya dikenal sebagai Kesawan Road, Anda akan melihat Gedung Juliana. Bangunan yang indah ini pertama kali digunakan oleh Harrison’s & Crosfield, sebuah perusahaan perkebunan Inggris.

Seperti disarikan dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, dengan huruf besar kita membaca London Sumatera-Indonesia pada bangunan. Konsulat Inggris juga dapat ditemukan di sini. Aberdeen granit yang berasal dari Eropa sebagai pemberat kapal digunakan dalam konstruksi.

Itu adalah bangunan pertama di Medan untuk memiliki lift. Lift ini tanggal kembali ke 1910 dan terdiri dari kandang besi yang indah dihiasi dengan bunga dan meringkuk di Art Deco, dan masih digunakan.

Kantor London Harrison & Crosfield di London, Inggris adalah salinan dari gedung ini. Arsitektur Medan itu jelas dipengaruhi oleh Kolonial Inggris Style, yang tidak mengejutkan seperti Penang dan Singapura jauh lebih dekat dari ibu kota, Batavia (sekarang Jakarta).

Gedung Lonsum atau London Sumatera Building atau Gedung Juliana memiliki lima lantai dan selesai dibangun pada tahun 1909, sama dengan ulang tahun Ratu Juliana, yang merupakan keluarga kerajaan Belanda.

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini