Share

Jembatan Hotekamp, Landmark Baru Papua

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Senin 04 November 2013 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 04 474 891465 cNsX6mhzJL.jpg Ilustrasi (Foto: wsj)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berharap jika pembangunan Jembatan Hotekamp segera direalisasikan. Pemprov Papua berharap pembangunan tersebut bisa terlaksana tahun depan.

Seperti dikutip dari situs resmi Kemen PU, Senin (4/11/2013), jembatan ini selain akan membanggakan masyarakat Papua juga menjadi Landmark Jayapura sekaligus berfungsi sebagai pintu gerbang menuju kawasan Negara-negara Pasifik. Disisi lain, Jembatan Holtikamp  akan berkoneksitas dengan ruas Jalan Jayapura- Sentani, dan Ring Road Jayapura.

Gubernur Papua Lukas Enembe berharap Jembatan Holtekamp mampu menjadi Landmark Papua yang selama ini tertinggal di bidang infrastruktur khususnya jalan dan jembatan.

Dengan dibangunnya jembatan ini, menunjukkan kalau Pemerintah Indonesia serius terhadap percepatan pembangunan di Papua. Dia berharap Jembatan Holtekamp dapat rampung dalam 1-2 tahun anggaran.

"Mau tidak mau, suka tidak suka kita berada di pintu Gerbang Kawasan negara-negara Pasifik. Holtekamp harus segara dibangun dan menjadi Icon. Ini sangat prestisius untuk Indonesia bukan Papua," katanya.

Dana pembiayaan untuk pembangunan jembatan tersebut berasal dari sharing antara Pemrov-Pemkab dan Pemerintah Pusat dengan pembagian Pemda 30 persen dan Pusat 70 persen.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional X, Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Uber Gultom menjelaskan, pembangunan Jembatan Holtekamp saat ini dalam tahap review design. Berdasarkan kesepakatan bangunan ini meliputi jalan akses (1.322 meter) dan Jembatan utama (2 buah Pelengkung Baja) dengan panjang bentang 400 meter (50 m + 150 m + 150 m + 50 m).

Ditambah lagi dengan jembatan pendekat 342,2 meter. Menurutnya, jembatan Holtekamp akan menjadi jalur alternatif, pengembangan wilayah kota serta akan menjadi Landmark Kota Jayapura.

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini