Total E&P Temukan Cara Dongkrak Ekplorasi Gas

Silvia Ramadhani, Jurnalis · Senin 18 November 2013 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 18 19 898583 wSDPwESMFH.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Seiring berjalannya masa eksploitasi lapangan migas, sebagian besar industri eksplorasi gas beranggapan bahwa Mature Gas Fields menjadi akhir dari produksi gas. Hal ini terjadi dikarenakan kandungan gas yang terus menurun.

"Penyebab penurunan adalah karena produksi lebih dari 10 tahun dan produksi lebih dari 50 persen," ujar Ahli Teknologi TOTAL, Henri Ekoule saat memberikan pendahuluan tentang 'Mature Management System' dalam Improved Gas Recovery Forum Total EP Indonesie di Hotel Sangri-la, Senin (18/11).

Henri melanjutkan, saat ini muncul teknologi yang dapat mengoptimalkan kembali volume gas hasil ekplotasi yakni Mature Management System (MMS). Teknologi MMS, memberikan overview untuk aset industri eksploitasi gas.

MMS ini juga dapat dihubungkan dengan sistem mitigasi. Namun, karena menggunakan teknologi terbaru, maka dana yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit. "Teknologi saja tidak cukup, MMS hadir untuk mengoptimalisasikan pencapaian yang baru lagi," tambah dia.

Dia melanjutkan, teknologi inilah yang kemudian coba dikembangkan oleh Total. "Tipe sumur seperti apapun dengan ESP maupun tanpa ESP akan dioptimalisasikan menggunakan MMS," katanya.

Menurutnya, teknologi ini bekerja seperti saat memperbaiki rumah, karenanya tidak mungkin langsung memasukkan semua barang-barang ke dalam. "Pemilik sebelumnya harus memperbaiki dulu tembok dan kondisi lainnya, setelah itu, rumah memungkinkan untuk dimasuki barang," tukas dia.

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini