Zaha Hadid Desain Stadion Sambut Piala Dunia 2020

Yuni Astutik, Jurnalis · Selasa 19 November 2013 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 19 474 899515 3kstg8zSqV.jpg Foto: Inhabitat

QATAR - Arsitek kenamaan dunia, Zaha Hadid akan merancang sembilan stadion di Al Wakrah, Qatar. Stadion itu rencananya akan digunakan dalam ajang Piala dunia 2020.

Dilansir Inhabitat, Selasa (19/11/2013), Zaha Hadid akan menyediakan 40 ribu kursi di dalam stasion yang dirancang dengan desain yang sangat modern itu.

Stadion itu akan dibuat tetap sejuk di tengah kondisi cuaca Qatar yang terik. Bentuk stadion itu terisnpirasi dari bentuk kapal nelayan yang terdapat di pelabuhan terdekat.

Desain stadion itu diklaim sebagai desain pasif, yakni untuk menghalau panas terik di Qatar. Selain itu, bentuk stadion juga akan dibuat sedemikian rupa guna melindungi pemain dan penonton dari matahari sepanjang hari.

Rencananya, selain dibuat dengan desain khusus, pendingin ruangan juga tetap akan ditambahkan untuk mengatur suhu ruangan. Dalam hal ini, Zaha hadid telah bekerjasama dengan perusahaan aristektur yaitu AECOM, untuk mengembangkan proyek itu. Material untuk membangun stadion adalah baja, dan beberapa bagian menggunakan kayu.

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini