Dana Haji Puluhan Triliun Ditempatkan di Surat Berharga Syariah Negara

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Jum'at 22 November 2013 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 22 20 901149 DNez3Qp0ZD.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan efektivitas realisasi dan penyerapan dana haji, Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan hari ini menandatangani sebuah nota kesepahaman bersama (MoU) tentang Penempatan dana haji dalam Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Menteri Agama Suryadharma Ali dalam sambutannya mengungkapkan untuk mengefektifkan pengelolaan dan penempatan dana haji yang kini jumlahnya sangat besar perlu dilakukan langkah-langkah inovatif untuk mengoptimalkan dana umat tersebut.

"Kami ingin mengoptimalkan dana umat ini untuk pemberdayaan dan pengembangan umat ke depannya. Untuk itu langkah penandatanganan MoU sore ini diharapkan akan menjadi pintu masuk ke dalam pengelolaan dana haji yang lebih tepat dan efisien," tutur Suryadharma dalam sambutannya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (22/11/2013).

Sementera itu, Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan, pihaknya menyambut baik langkah bersama yang diambil kedua kementerian ini. Penempatan daya haji yang begitu besar dalam SBSN, lanjut dia, merupakan langkah yang tepat dalam rangka pengoptimalan penggunaan dana tersebut.

"Kami menyambut baik langkah Kementerian Agama. Sejak awal saya telah diskusi dengan beberapa dirjen untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Akhirnya, hari ini kita sudah bisa menyatukan kesepahaman bersama terkait langkah bersama ini," tutur Chatib.

Dengan penandatanganan tersebut, ke depannya, dana haji yang tahun ini telah mencapai angka puluhan triliun, akan ditempatkan dalam bentuk Surat Berharga Syariah Negara sebagai bentuk investasi.(rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini