nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investasi Mineral Harus Sejahterakan Masyarakat ASEAN

Rohmat, Jurnalis · Kamis 28 November 2013 20:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 11 28 19 904473 V6hfcf8pEc.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

NUSA DUA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Jero Wacik menyatakan perdagangan dan investasi bidang mineral di kawasan ASEAN harus diarahkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya.

Jero Wacik menegaskan hal itu usai membuka ASEAN Ministerial Meeting On Minerals (AMMIN) And Associated Meeting di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/11/2013).

Dalam pertemuan yang dihadiri 10 delegasi dari semua negara ASEAN, Jero menyampaikan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa kerjasama bidang mineral antar negara anggota muaranya adalah kesejahteraan. "Saya sampaikan semangat ASEAN itu, harus menjadi kunci dalam menentukan kebijakan mineral kita," tutur Jero.

Diakunya, dalam pertemuan para menteri dan wakil menteri bidang mineral itu, Indonesia mencoba memberikan pengaruhnya atas berbagai agenda dan isu penting lainnya terkait mineral.

Dia mencontohkan, segala aktivitas investasi bisnis bidang mineral yang merupakan hasil tambang itu, harus menjadi atau mengarah kepada kesejahteraan Indonesia

Hal itu sesuai isi Pasal 33 UUD 1945, yang menjadi yang mendasari kebijakan pengelolaan sumber daya alam seperti mineral di Indonesia dan diharapkan bisa memberi dorongan yang sama untuk kerjasama antaranggota masyarakat ASEAN.

Beberapa poin penting yang dihasilkan dalam pertemuan itu, untuk perdagangan dan investasi bidang mineral harus dikelola dengan semangat itu. Selain itu, adanya database yang harus dikoordinasikan dan diatur bersama negara ASEAN.

Jero mencontohkan, bukti konkrit dari komitmen ASEAN dalam pengelolaan sumber daya pertambangan adalah dengan tidak mengekspor bahan mentah. "Janganlah terus di ekspor mentah, kita harus punya program bahwa sumber daya mineral ini harus jadi sarana pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja," imbuhnya.  

Tak kalah pentingnya, bagaimana pengelolaan atau pemanfaatan mineral jangan sampai melupakan atau mengabaikan aspek lingkungan atau keberlanjutan.

Itu, semua dilakukan untuk melindungi dan menjaga sumber daya alam jangan sampai rusak dieksploitasi, sehingga generasi anak cucu mendatang juga bisa menikmatinya.(rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini