Sejarah Gedung Pencakar Langit di Dunia

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Senin 02 Desember 2013 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 02 474 905964 OqmeUJDmJ3.jpg Ilustrasi: worldpropertychannel

JAKARTA - Pembangunan gedung-gedung pencakar langit di dunia sudah berlangsung sejak lama. Dulu, bangunan tertinggi dunia yang paling terkenal adalah Piramida Giza dan Menara babel.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis emporis kepada Okezone, Senin (2/12/2013), memasuki abad ke-19, merupakan dimulainya pembangunan gedung pencakar langit pertama di dunia. Tepatnya, pada tahun 1908, gedung Singer setinggi 187 meter dibangun di New York. Sejak saat itu, New York yang dijuluki dengan "Big Apple" ini berkembang menjadi pusat gedung-gedung pencakar langit dunia. 

Namun kejayaan gedung Singer sebagai gedung tertinggi pertama di dunia tidak berlangsung lama. Setelah mendapat tekanan lingkungan yang berat, gedung ini pun hancur dan digantikan oleh gedung Woolworth pada tahun 1913. Gedung ini memiliki ketinggian sekitar 241 meter.

Setelah abad ke-20 gedung pencakar langit terus bermunculan di New York. Selama kurang lebih 41 tahun Amerika memegang gelar sebagai pusat gedung tertinggi di dunia. Namun, semenjak pembangunan Menara Petronas di Malaysia, gelar itupun hilang. Setalah Malaysia, negara-negara Asia lainnya pun berlomba-lomba membuat gedung pencakar langit. Seperti Taiwan dan Dubai.

Kini, predikat sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia sedang dicoba diintai oleh Asia. Dengan dibangunnya Menara Burj Khalifa di Dubai dan pesaing beratnya Kingdom Tower di Jeddah, diharapkan membuka era baru di Asia sebagai pusat gedung pencakar langit dunia.

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini