Share

Dua Tahun Lagi, Yuan Kalahkan Dolar dan Yen

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2013 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 07 457 908741 63J0SURfgz.jpg Mata Uang China

BANDUNG - Daftar mata uang yang kuat di pasar keuangan global dikatakan dalam beberapa tahun ke depan akan bertambah satu. Seperti diketahui dari seluruh mata uang yang beredar di dunia, dolar Amerika Serikat (AS), Euro Uni Eropa, Yen Jepang, Swiss Franc dan Poundsterling Inggris.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Difi A Johansyah mengungkapkan dalam beberapa tahun ke depan, diperkirakan mata uang negeri China, Yuan akan menjadi salah satu mata uang terkuat dalam pasar keuangan global.

"Dua tahun lagi akan ada pendatang baru yaitu Yuan China. Selama ini kan yang ada dolar, yen, euro, swiss franc dan poundsterling. Yuan nanti akan masuk dalam daftar hard currency," tutur Difi ketika ditemui di Bandung, Sabtu (7/11/2013).

Dia mencontohkan, proses kerjasama Indonesia dan China misalnya melalui bilateral swap beberapa bulan yang lalu. China, membantu Indonesia lewat kerjasama tersebut dengan mata uang Yuan milik mereka bukan dolar AS atau yang lainnya.

"Lihat saja, kemarin bilateral swap dengan China itu, mata uangna tetap Yuan, bukan dolar. Ini menunjukan China ingin menguatkan mata uangnya di pasar," ujarnya.

Difi juga mengungkapkan, langkah Negeri Tirai Bambu itu dalam memperkuat mata uangnya terlihat dari beberapa kebijakan internasionalnya. Menurutnya, mata uang yang kuat di pasar global akan sangat membantu proses transaksi pengguna mata uang.

"Ini terbantu pengguna. Kemungkinan rugi karena pengurangan sekian margin ketika ditukar semakin kecil," pungkasnya. (kie)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini