2 Bangunan TK dengan Desain yang Unik di Paris

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2013 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 08 475 909016 d494GNumTP.jpg Bule-Moselle (Foto: interiorholic)

PARIS - Taman Kanak-Kanak (TK) identik dengan bangunan yang berwarna-warni. Namun ada hal yang berbeda dari desain TK di Prancis. Dua bangunan TK di Prancis didesain dengan konsep yang tidak biasa.

Dilansir dari interiorholic, Minggu (8/12/2013) bangunan TK yang pertama berlokasi di pinggiran selatan kota Prancis yang bernaman Bule-Moselle. Dirancang oleh arsitek Paul le quernec, TK ini dibangun dengan konsep safety atau mengutamakan keselamatan dan keamanan bagi anak-anak. Bentuk bangunannya yang menyerupai tenda yang melengkung, menghindari sudut tajam yang berbahaya bagi anak-anak.

Menurut sang arsitek, jika pada bangunan TK kebanyakan menggunakan koridor sebagai pembatas antar kelas, gedung ini tidak menggunakan koridor. Dia mendesain segala pusat pembelajaran berada disekitar tenda, ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar seperti dialam terbuka terbuka.

Atap melengkung ini membentang disepanjang taman bermain. Ini bertujuan melindungi anak-anak dari efek bahaya matahari. Tidak hanya itu, sang arsitek juga mendesain jalan didepan sekolah TK ini agar satu arah. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi resiko kecelakaan bagi anak-anak.

Masih dipinggiran Prancis, TK unik yang kedua yaitu berlokasi di Boulgne, Billancort. Bangunan ini memiliki ciri khas yang mencolok yaitu sebuah patung jerapah raksasa. Didesain oleh arsitek Hondelatte Laporte, seekor jerapah kuning raksasa, yang kepalanya seolah-olah tembus hinga kelantai 3 gedung.

TK yang dirancang hanya untuk 80 anak ini memang tidak terlalu besar. Dari jalan, kita bisa melihat kaki dan leher panjang jerapah, sementara badan jerapah seolah-olah tersembunyi didalam gedung. Tidak hanya jerapah, sang arsitek juga membangun beruang kutub dan kumbang-kumbang yang cantik di TK ini.

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini