nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkeu: Satuan Kerja Segera Eksekusi Rencana dalam DIPA

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2013 16:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 12 10 20 910194 WNvL1yRh2m.jpg Menteri Keuangan, Chatib Basri.

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini secara resmi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2014 kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan para kepala daerah tingkat I di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

DIPA 2014 secara simbolik diserahkan presiden kepada para gubernur termasuk Provinsi Kalimantan Utara sebagai provinsi termudah dan tujuh K/L terbaik yakni, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negari dan Kementerian Kehutanan.

Dalam laporannya, Menteri Keuangan, Chatib Basri menyampaikan, proses penyerahan DIPA yang dilakukan sebelum tahun 2014 sesuai periode peruntukan anggaran sebagai komitmen bersama untuk memastikan agar pelaksanaan anggaran dapat dimulai tepat pada waktunya.

"Dengan penyerahan ini, seluruh Satuan Kerja dapat segera mengeksekusi rencana-rencana yang sudah ditetapkan dalam DIPA sesuai tugas dan fungsinya masing-masing," tutur Chatib dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/12/2013).

Chatib mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran yang disusun oleh masing-masing satuan kerja dan mencegah secara dini penggunaan anggaran yang tidak sesuai ketentuan, telah dilibatkan Aparat Pengawasan Intern masing-masing K/L.

"Aparat Pengawasan Intern ini merupakan quality assurance untuk melakukan review terhadap RKA-K/L dan memastikan kelengkapan dokumen yang diprasyaratkan, serta kepatuhan terhadap kaidah-kaidah penganggaran," jelasnya.(rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini