nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Amanat Presiden untuk DIPA 2014

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2013 18:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 12 10 20 910307 LzgSi3jXJA.jpg Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (dok:Okezone)

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan bahwa alokasi anggaran bagi setiap Kementerian/Lembaga (K/L) maupun daerah akan sangat bermanfaat bagi pencapaian sasaran pembangunan nasional tahun 2014 mendatang yakni memacu pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran dan kemiskinan serta untuk kelestarian lingkungan hidup.

Hal ini disampaikan presiden ketika menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran tahun 2014 kepada kepala-kepala daerah tingkat I dan seluruh pimpinan K/L di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/12/2013).

Dalam kesempatan tersebut, presiden menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan anggaran di tahun 2014. Pertama, presiden meminta agar anggaran tersebut dimanfaatkan secara maksimal untuk memberikan kemaslahatan bagi seluruh rakyat Indonesia melalui program-program pembangunan yang dilakukan.

"Kedua, anggaran tersebut diharapkan, digunakan secara efisien dan tepat guna sesuai prinsip-prinsip governance. Ketiga, tidak disalahgunakan penggunaannya serta mencegah terjadinya kebocoran, melalui perencanaan yang kredibel, pelaksanaan yang akuntabel dan pengawasan yang disiplin," demikian tertera dalam keterangan tertulis Kementerian Keuangan, Selasa (10/12/2013).

Poin keempat dari permintaan presiden adalah seluruh instansi pemerintah diharapkan meningkatkan kapasitas fiskal daerah dan mengurangi kesenjangan fiskal antara pusat dan daerah juga antar daerah dan daerah.

Serta yang kelima, semua instansi baik di daerah maupun pusat diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mengurangi kesenjangan pelayanan serta meningkatkan pembangunan di daerah tertinggal, terluar dan terdepan.(rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini