nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan SBY untuk Para Menteri & Gubernur

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2013 19:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 12 10 20 910379 FzGdTFV4mA.jpg Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (dok:Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran dan pencapaian sasaran pembangunan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menitipkan beberapa pesan kepada para menteri dan pimpinan lembaga serta para gubernur se-Indonesia.

Ini disampaikan presiden dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2014 yang berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/12/2013).

Kepada para menteri dan pimpinan lembaga, presiden berpesan agar seluruh pimpinan Kementerian/Lembaga (K/L) dan seluruh jajarannya lebih fokus dalam melaksanakan tugas-tugasnya, terutama dalam penyelenggaraan pemerintah, program-program pembangunan yang telah direncanakan, serta melakukan berbagai antisipasi terhadap potensi dampak dari dinamika berbagai aspek sehingga sasaran pembangunan jangka menengah dapat tercapai.

"Kedua, para pimpinan K/L harus meningkatkan koordinasi yang intensif dengan kepala daerah provinsi/kabupaten/kota, khususnya untuk pendanaan kegiatan yang dilaksanakan dengan mekanisme dekonsentrasi, tugas pembantuan, dan urusan bersama," demikian tertera dalam keterangan tertulis Kementerian Keuangan, Selasa (10/12/2013).

Sementara itu, kepada para kepala daerah tingkat I, presiden berpesan, agar sesegera mungkin para gubernur mengagendakan acara penyerahan DIPA kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah di wilayah masing-masing.

"Kedua, para pimpinan daerah diharapkan agar meningkatkan kualitas belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan memastikan porsi yang lebih besar untuk belanja yang produktif seperti belanja infrastruktur," pesan presiden.

Serta yang ketiga, presiden berpesan agar, para pimpinan daerah meningkatkan kompetensi segenap aparatur pengelola keuangan daerah sehingga dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Dengan demikian, tutur presiden, laporan keuangan pemerintah daerah diharapkan akan mendapatkan predikat audit terbaik.(rez)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini