Pemprov Jabar Terima DIPA APBN Rp86 Triliun

Oris Riswan, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2013 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 17 20 913504 rdAbeC15S6.jpg Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher). (Foto: Okezone)

BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dari APBN untuk tahun anggaran 2014 sebesar Rp86,08 triliun. Jumlah itu meningkat sekira Rp17 triliun dari DIPA tahun ini.

"Jadi uang yang beredar di Jawa Barat dari pemerintah pusat itu Rp86,08 triliun," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/12/2013).

Jumlah itu merupakan keseluruhan untuk alokasi DAU dan DAK kabupaten/kota se-Jawa Barat, dekonsentrasi, dana bantuan, hingga untuk lembaga vertikal pusat yang memiliki kantor perwakilan di Jawa Barat.

"Di antara provinsi (di Indonesia) kita paling besar. Dengan Jawa Timur kita beda Rp2-3 triliun," ungkapnya.

Aher mengatakan, peningkatan jumlah DIPA itu adalah hal biasa. Itu sebagai bentuk dukungan pusat pada pemerintah daerah agar masing-masing daerah lebih baik dalam segala hal.

Sementara dari total anggaran Rp86,08 triliun, Aher menyebut akan mengalokasikannya untuk berbagai program. Salah satu yang terbesar adalah untuk pengalokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekira Rp5,4 triliun. Kesehatan dan infrastruktur juga jadi fokus utama penggunaan anggaran itu.

Soal serapan, ia berharap anggaran yang ada bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah kabupaten/kota dan provinsi. Minimal, serapan anggaran ditargetkan di atas 92 persen.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini