Gereja Berbentuk Kerang di Jepang

Yuni Astutik, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2013 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 19 474 914565 mHLrMsCy3K.jpg Leaf Chapel (Foto: loyalroyal.me)

JAKARTA - Banyak bangunan gereja atau kapel yang pernah dibuat di seluruh dunia. Baik itu yang sudah berusia ratusan tahun atau baru beberapa waktu lalu rampung pembangunannya.

Dilansir keterangan tertulis emporis, Kamis (19/12/2013) berikut beberapa bangunan gereja yang dianggap spektakuler.

6. Jubilee Church

Memiliki nama lain Dio Padre Misericordioso dibangun saat keuskupan Roma, yang tujuannya adalah menciptakan gereja berkualitas tinggi. Gereja ini didesain oleh Richard Meier dan Partners Architects LLP.

7. Leaf Chapel

Arsitek gereja ini adalah Klein Dytham architecture, gereja ini terletak di Hotel Hokuto, Jepang. Bangunan gereja terdiri dari dua cekungan seperti kerang berbentuk daun. Salah satunya adalah terbuat dari kaca dan membentuk semacam pergola sementara yang lain kerang putih, berlubang dengan 4.700 lubang dan mengingatkan pada kerudung pengantin.

8. Neue Synagoge Mainz

Arsitek gereja ini adalah Manuel Herz Architects. Dibangun pada 2008, gereja ini rampung pada 2010.

9. Temppeliaukio Church

Didesain oleh Timo & Tuomo Suomalainen, material dasar gereja ini adalah batu, tepatnya batu granit. Tak hanya sebagai tempat untuk umat berdoa, gereja ini juga bisa digunakan sebagai tempat menyelenggarakan pertunjukan tertentu. Setiap tahunnya, tercatat 500 ribu pengunjung datang ke gereja ini.

10. United States Air Force Cadet Academy Chapel

SOM, merupakan arsitek dibalik bangunan gereja ini. Kapel ini terkenal karena bentuknya yang seperti cemara. Struktur bangunan dibentuk oleh serangkaian 17 menara masing-masing terdiri dari 100 penyangga. Bangunan itu memiliki sebuah kapel yang terpisah masing-masing untuk Protestan, Katolik, Yahudi dan penyembah Buddha, dan dua kamar di mana semua agama dapat mengadakan ibadah.

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini