nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membangun Rumah Hemat Energi

Senin 06 Januari 2014 16:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 01 06 478 922448 ORBMO6sPyD.jpg Ilustrasi (Foto: anneahira)

RUMAH adalah tempat berlindung dan merupakan kebutuhan yang primer bagi umat manusia. Sekarang banyak sekali tipe-tipe rumah yang dibangun dengan model atau konsep yang berbeda-beda.

Dan begitu juga yang tawaran dari setiap properti dengan konsep beragam dalam setiap tipe rumah yang ditawarkan. Di zaman sekarang dimana segala serba mahal, jadi mulailah menghemat dari segala segi. Begitu juga banyak sekali pakar arsitek merancang rumah yang berkonsep pencahayaan langsung dari luar rumah, ini sangat baik karena baik buat kesehatan dan juga menghemat listrik atau hemat energi.

Jadi ada beberapa tips yang baik bila Anda memilih sebuah rumah atau membangun rumah yang bisa hemat energi, Yaitu:

1. Pilih letak kondisi tanah rumah yang berhadapan langsung kearah matahari, alangkah baiknya karena menunjang segalanya.

2. Pilihlah rumah atau membangun yang sekelilingnya mempunyai jendela yang bisa masuk udara dan cahaya matahari kedalam rumah, karena itu baik buat kesehatan dan juga sirkulasi udara yang keluar masuk.

3. Dan buatlah cahaya melalui atap rumah, dengan membuat atap yang dari kaca atau plastik yang cahaya tembus kedalam rumah sehingga dapat menerangi pencahaya dalam rumah ini bisa mengurangi pemakaian listrik Anda.

4. Begitu juga setiap ruang kamar tidur ataupun ruang dapur, karena pencahayaan diruang tersebut amat penting, buat serkulasi udara yang berganti setiap harinya dan juga hemat dari pengunanan listrik dari pemakaian AC juga.

5. Bangunlah ruangan yang tidak banyak sekat-sekat, sehingga tembusan cahaya dapat masuk kesetiap ruangan rumah tersebut.

Sumber:

Fin's Desain

finsdesain@yahoo.com

Perum Sekneg

Blok B.3/1 Panuggangan Utara

Kebon Nanas

Tangerang 15143

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini