Swedia Punya Gedung Tertinggi Terbuat dari Kayu

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2014 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 10 474 924421 0zxseurJNp.jpg Foto: Huffingpost

STOCKHOLM - Kalau Dubai memiliki Burj Khalifa sebagai menara tertinggi di dunia, lain halnya dengan Swedia. Negara ini akan memiliki gedung pencakar langit tertinggi didunia yang terbuat dari kayu.

Arsitek CF Moller meruipakan perancang gedung kayu ini. Dia menjadi pemenang salah satu kompetisi arsitek di Swedia dalam merancang gedung tinggi didunia.

Dengan karyanya ini, Moeller berhasil meyakinkan para dewan juri melalui proposalnya. Dan dalam waktu dekat gedung ini akan dibangun di Stockholm, Swedia.

Dilansir dari huffingtonpost, Jumat (10/1/2014) berikut rincian gedung yang diprediksi rampung pada 2023.

1. Gedung pencakar langit dari kayu

Karya CF Moeller. Gedung ini nantinya akan dibangun dengan struktur dari kayu dan distabilkan dengan beton. Gedung ini nantinya akan digunakan sebagai apartemen yang memiliki balkon kaca sebagai panel surya. Terdapat kafe, gym, parkir sepeda, taman dalam gedung tersebut.

"Pilar dan balok akan dibangun menggunakan kayu solid. Langit-langit dan bingkai jendela akan dibuat dari kayu juga. Kayu adalah bahan alami yang tahan lama dan ramah lingkungan. Selain itu kayu juga dapat memebrikan iklim yang sehat dan nyaman," ucapnya.

2. Kantor Konversi, di Fleminggatan 4

Masih berlokasi di Stockholm, Swedia gedung ini nantinya akan dijadikan sebegai gedung pertemuan dan tempat rekreasi di pusat kota. Dalam gedung ini terdapat dermaga bertingkat yang menghadap ke air. Tidak hanya itu, bangunan ini nantinya juga dilengkapi dengan apartemen dengan fasilitas kolam berenang.

Sama seperto Moeller, gedung ini juga menggunakan struktur kayu. Arsiteknya menyebut ini merupakan proyek perumahan dengan menggunakan sumber daya yang efisien dan tahan lama.  

3. Urban, Quarter Vertika, Hagastaden

Kompleks perumahan ini digadang-gadang akan menjadi landmark di kota Hagastaden, Swedia. Kompleks perumahan ini akan difasilitasi dengan supermarket, kafe, restoran dan perpustakaan raksasa. Menurut si Arsitek, komplek ini akan menyuguhkan tatanan visula yang terbaru yang terbuat dari kayu. Terdapat teras dengan atap hijau dan taman bermain pada gedung ini.

Nantinya digedung ini akan dibangun perumahan, kos-kosan, villa, penthouse dan rumah jompo. Tidak hanya itu, disini juga terdapat taman kanak-kanak. Semuanya dirancang untuk memudahkan para penghuninya.

(nia)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini