nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akibat Sinabung, Harga Produk Hortikultura di Karo Naik 30-40%

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 20 Januari 2014 17:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 01 20 320 928990 gxQrF6wkO4.jpg Gunung Sinabung (Foto: Akbar Dongoran/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) baru saja merilis kenaikan harga produk hortikultura di 10 Kota besar. Seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Manado, Kupang, Ambon, Samarinda, Pontianak, Palembang, dan Makasar. Namun, khusus Medan, bencana gunung Sinabung menjadi faktor penyebab kenaikan harga produk hortikultura di Karo.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengatakan penurunan harga produk hortikultura di daerah Karo, Medan sekitar 30-40 persen.

"Karena terjadi penurunan pasokan produk sayur dari Karo ke Medan," kata Bayu saat bincang-bincang dengan wartawan di Kantornya, Jakarta, Senin (20/1/2014).

Bayu mengatakan, untuk Medan sendiri hanya mengalami kenaikan harga sekitar tujuh persen. Hal itu disebabkan, Medan masih mendapatkan pasokan dari daerah tetangga, seperti Riau dan daerah di Sumatera Barat lainnya.

Mengenai harga ikan, lanjut Bayu, akibat cuaca buruk mempengaruhi pergerakan harga ikan di Medan. Di mana, harga ikan mengalami kenaikan harga hingga delapan persen. Cuaca buruk juga yang menyebabkan para nelayan di Medan lebih memilih untuk berdiam diri di rumahnya masing-masing.

"Nelayan tidak melaut sehingga pasokan ikan berkurang dalam dua minggu, lalu seperti air minum kemasan, susu, susu bayi, dan makanan olahan semuanya tersedia cukup tidak kekurangan pasokan dan kenaikan harga," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini