nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awal Polemik Impor Beras Vietnam Ilegal

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2014 10:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 02 01 320 934668 0pQHllM5sB.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengodean sistem Harmonisasi (HS) yang menjadi celah pelanggaran terhadap tindakan impor ilegal beras saat ini tengah diselidiki lembaga terkait. Hal ini dikarenakan oleh kode HS yang sama antara beras premium dan medium.

Anggota Kelompok Kerja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Pusat, Khudori, menyatakan perubahan kode HS yang terjadi sejak 2012 telah membuka peluang bagi importir maupun oknum internal untuk melakukan pelanggaran.

"Kode HS itu sejak 2008 itu berbeda antara beras premium dan medium. Pada 2012 itu dijadikan sama. Ini membuka peluang pelanggaran," tutur Khudori dalam acara Polemik Radio Sindo Trijaya FM, di Jakarta, Sabtu (1/2/2014).

Menurut dia, yang harus diperhatikan lebih serius oleh lembaga terkait yakni, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam hal ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Pasalnya, lembaga tersebut adalah lembaga yang memiliki otoritas untuk mengubah kode tersebut. "Otoritasnya itu Kemenkeu. Kenapa harus diubah?," imbuhnya.

Khudori mengatakan, level pemeriksaan beras dalam proses impor yang rendah ikut memberi andil besar terhadap pelanggaran yang tengah diselidiki saat ini. "Level pemeriksaannya terlalu rendah. Petugas perlu memeriksa barangnya. Itu berarti level pemeriksaan harus dinaikkan," tegasnya.

Dia berharap ketiga kementerian terkait, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan Kemenkeu dapat saling mendukung dalam penyelesaian kasus ini.

()

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini