Bagaimana Sebuah Tren Warna Diciptakan?

Rani Hardjanti, Jurnalis · Minggu 16 Februari 2014 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 15 471 941485

JAKARTA - Kehadiran warna di sebuah hunian bisa memengaruhi atmosfer ruang. Itulah fungsi sebuah warna.  

Peran warna dalam interior sangat penting, sebab bisa memengaruhi mood seseorang. Lalu bagaimana sebuah tren warna bisa diciptakan?

 

Presiden Director PT ICI Paints Indonesia Jun De Dios mengatakan, dalam menciptakan sebuah tren warna tidaklah mudah. Sebab, perlu perhitungan yang matang dengan melibatkan berbagai elemen seperti ahli warna, riset dan efek psikologis. Akan ada banyak warna pada sebuah palet, yang kemudian dipilih beberapa dan satu warna tema besar.

 

"Secara keseluruhan prosesnya membutuhkan waktu sekitar delapan bulan," ujar Jun De Dios, kepada Okezone, belum lama ini.

 

Seperti halnya tren 2014 yang digulirkan Dulux, yakni warna teal. Perpaduan warna antara biru dan hijau ini menggambarkan keseimbangan antara kecanggihan, ketenangan, dan fleksibilitas yang menjadi kunci utama dalam kehidupan seseorang.

 

"Kita tahu, kondisi global saat ini sudah mulai pulih dari krisis global. Warna teal ini hadir sebagai ekspresi optimistis," ujarnya.

 

Bahkan untuk tren warna 2015, Dulux pun sudah mulai menentukan indikator hingga akhirnya warna yang mereka usung akan digulirkan ke pasaran.  "Jadi banyak faktor yang perlu diperhitungkan dalam menentukan tren warna secara global," tutup Jun De Dios.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini