nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Mini, Arena Bermain di Taman Belakang

Rabu 19 Februari 2014 06:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 02 18 478 942842 PEKoaqtDz9.jpg Kota mini bisa diciptakan di taman belakang rumah. (Foto: Lowes.com)

TAMAN bermain adalah surga bagi anak-anak. Taman bermain tidak hanya tempat mengekspresikan diri anak, tetapi juga berfungsi untuk menstimulisasi kreativitas.

Hal yang perlu dipersiapkan adalah konsep taman bermain dan mainan yang akan dikembangkan. Misalkan bertema kota kecil. Buatlah gambaran kasar jalur kendaraan terbuat dari batu bata, taman pasir dan danau. Di mana permainan itu akan ditempatkan, pertimbangkan faktor luas taman yang Anda miliki. Berikut uraian selengkapnya.

1. Jalan Raya di Kota Mini

Susun batu bata dengan posisi vertikal. Jalan raya ini juga bisa berfungsi sebagai separator kota. Buatlah rute dan ciptakan sebuah kota.

2. Terowongan Bawah Tanah

(Foto: Dok Lowes)

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam mengkreasikan "uderpass". Pertama siapkan pipa PVC dengan ukuran dan diameter sesuai kebutuhan. Ikat pipa itu dengan kawat di bagian tengah, dan ekor ikatan tancapkan ke tanah agar tidak mudah bergeser. Ketiga, tutup badan pipa dengan tanah atau pasir, namun biarkan sisi kanan dan kiri pipa terbuka untuk jalur "kendaraan".

3. Taman Pasir

(Foto: Dok Lowes)

Ada lima langkah membuat taman pasir. Pertama, tentukan besaran taman pasir dan volume pasir. Kedua, buatlah pola sebagai pembatas agar pasir tidak luber. Ketiga, gali tanah dengan kedalaman sekira 12 sentimeter.  Keempat isilah lubang tersebut dengan pasir. Kelima, rapikan dan ratakan pasir tersebut agar nyaman dibuat permainan.

4. Gedung dan Rumah Tiruan

Buatlah gedung dan rumah tiruan. Bisa dibuat dari kayu, kotak susu, atau kardus. Namun, untuk rumah dan gedung yang berbahan dasar kertas tidak akan bertahan lama.

5. Danau Buatan

(Foto: Dok Lowes)

Danau buatan bisa dibuat dari nampan bekas. Gali sedikit tanah agar tertanam sesuai dengan tinggi nampan. Lalu isilah air.

Selebihnya Anda bisa mengkreasikan sesuai dengan kebutuhan. Bisa dikreasikan dengan tanaman, bunga, atau mengombinasikan mainan anak yang ada di rumah. Hal yang perlu diingat adalah dampingi anak saat bermain agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Sumber :

Lowes.com

Creative Ideas

Woodworking and Crafts

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini