Jangan Sembarangan Bermain Warna di Rumah

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 24 Februari 2014 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 23 472 945177 eFuqoTpwbI.jpg (Foto: Dailymail)

JAKARTA - Warna memiliki pengaruh yang sangat besar bagi suasana ruang. Hal ini disebabkan elemen warna seringkali menjadi elemen yang memberikan kesan pertama saat seseorang memandang ruangan.

Oleh karena itu, pemilihan warna harus dipertimbangkan dengan baik agar dapat diperoleh kesan ruang yang diharapkan. Demikian dilansir dari buku “Solusi Interior Kreatif”, karya Tim Penulis Griya Kreasi, Senin (24/2/2014).

Salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam pemilihan warna adalah pengaruh warna secara psikologis. Untuk itu, penerapan warna dalam ruangan harus memperhatikan efek atau suasana yang mungkin dihasilkan oleh penggunaan warna tersebut.

Secara sederhana, pengaruh warna bisa dirasakan melalui pembagian karakter warna panas dan warna dingin. Warna-warna panas yang meliputi golongan merah ke kuning yang cenderung cerah mewakili kesan hangat, cerita dan dinamis.

Sementara warna-warna dingin yang cenderung kalem cenderung meliputi golongan warna biru ke hijau yang mewakili kesan tenang, kalem dan statis.

Ruangan juga bisa mewakili kesan yang lebih personal melalui kehadiran warna favorit penghuninya. Pilihan warna favorit ini biasanya diaplikasikan pada ruang-ruang privat.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini