nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bank Hana-KEB Indonesia Resmi Bergabung

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 10 Maret 2014 16:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 03 10 457 952788 Tu1qPfOvYD.jpg Press Conference PT Bank Hana dan Bank KEB Indonesia

JAKARTA - PT Bank Hana dan Bank KEB Indonesia telah resmi bergabung atau merger. Hal ini sesuai dengan surat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tertanggal 11 Februari 2013.

Direktur Bank Hana Bayu Wisnu Wardhana mengatakan, proses merger sendiri sudah mendapat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM pada tanggal 20 Februari 2014 dengan nama Bank hasil merger yakni Bank KEB Hana yang dapat digunakan setelah mendapat persetujuan dari OJK.

"Merger ini akan memperkuat struktur aset bank sehingga daya saingnya akan meningkat," ucap Bayu saat Press Conference di Hotel JW Marriot Kuningan, Jakarta, Senin (10/3/2014).

Bayu menambahkan, selain itu untuk kebutuhan pengembangan dan memperkuat posisi bank, merger ini dilakukan untuk mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia mengenai Single Present Policy yang dimana seluruh bank dibawah satu kepemilikan wajib melakukan penggabungan usaha.

Pasalnya, Bank KEB Indonesia maupun Bank Hana keduanya merupakan bank yang dimiliki oleh Grup Finansial asal Korea Selatan yakni Hana Financial Group (HFG). Penggabungan Bank KEB Indonesia dan Bank Hana di Indonesia juga menjadi bagian dari strategi global HFG yang ingin menjadi Top 50 lembaga keuangan global terbaik dunia.

Pascamerger, komposisi dari pemegang saham akan berubah yaitu KEB Korea memiliki 49,8 persen, Hana Bank Korea 37 persen. International Finance Corporation 9,9 persen, BambangSetijo 2,5 persen dan Clemont Finance Indonesia 0,5 persen

Bayu mengatakan, hasil merger kedua bank ini akan melahirkan sebuah Bank Korea terbesar di Indonesia dari sisi aset maupun jumlah jaringan cabang.

"Merger ini akan semakin memperkuat sebagai Bank terbesar dari Korea di Indonesia dengan total aset sebesar Rp13,2 triliun per Desember 2013 (unaudited)," tuturnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini