nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MLPT Incar Pertumbuhan Segmen Telekomunikasi 20%

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 19 Maret 2014 08:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 03 19 278 957325 5M7em0PQE0.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) mengincar pertumbuhan dari segmen telekomunikasi (Telco) yang dilayani perseroan bisa tumbuh 20 persen setiap tahun.

"Pada tahun lalu sektor telco mengambil porsi sekitar 28 persen dari pendapatan Multipolar Technology. Nilai tersebut mencakup semua solusi Telco yang kami sediakan,"ungkap Division Head Account Management Telco Multipolar Technology Yugi Edison dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (18/3/2014).

Untuk sektor telekomunikasi perseroan menyediakan perangkat keras, lunak, jasa implimenetasi dan maintenance. Salah satu produk yang diandalkan adalah layanan solusi Cache dimana berperan sekitar 10 persen terhadap pendapatan Multipolar Technology.

Solusi cache memungkinkan operator untuk melakukan penyimpanan sementara dan selalu up-to-date terhadap konten-konten yang diakses oleh pelanggan.Hal ini membuat saat pelanggan yang lain mengakses atau mengunduh konten yang sama, maka cukup dilayani oleh cache system atau secara lokal, yang tentunya tidak perlu lagi lewat jalur link atau bandwidth internasional.

Menurutnya, solusi yang ditawarkan ini membutuhkan biaya yang lebih kecil dari biaya jika operator menyewa link. Misalkan suatu operator menyewa link international dengan kapasitas 1 Gbps, maka biaya implementasi Cache System adalah sekitar 30-40 persen dari biaya sewa link selama setahun."Biaya implementasi Cache System ini hanya perlu sekali investasi, sementara sewa link adalah biaya setiap tahun," jelasnya.

 

Dikatakannya, mengingat perkembangan bisnis di sektor telekomunikasi masih akan terus berlanjut, terutama di era multimedia dimana kebutuhan akses internet, data dan video telah menjadi  kebutuhan,  solusi cache yang bermain di akses  terus menjadi perhatian utama bagi operator telekomunikasi.

Terkait dengan investasi untuk mengembangkan solusi cache, diungkapkannya, banyak di sisi human capital.

"Dalam pengembangan bisnis solusi di tahun ini, investasi yang dilakukan Multipolar Technology  salah satunya adalah dalam bentuk human capital yaitu training dan research yang menjadi satu dengan study untuk solusi lainnya. Secara umum investasi human capital di Multipolar Technology adalah sekitar 4-6 persen dari keuntungan," jelas dia.

(wdi)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini