Image

Resmikan Bandara Kualanamu, SBY Datang Terlambat

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Kamis 27 Maret 2014, 14:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 27 320 961570 rod2bzYNRQ.jpg Bandara Kualanamu (Foto: Petrus/Okezone)

DELI SERDANG - Bandar Udara (Bandara) Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, akhirnya diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama ibu negara Ani Yudhoyono.

Berdasarkan pantauan Okezone, hadir dalam proses peresmian mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho, Kapolri, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Direktur PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko.

Hadir juga para tokoh nasional, anggota DPR RI, beberapa bupati dan anggota DPRD tingkat I dan II serta pimpinan korporasi lainnya.

Dalam laporannya, Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, Bandara Kualanamu merupakan bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang diharapkan akan meningkatkan konektivitas nasional.

"Bandara ini diharapkan akan meningkatkan koneksivitas nasional dalam rangka meningkatkan efektivitas pembangunan nasional," tutur Mangindaan di Terminal Kargo, Kualanamu International Airport, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (27/3/2014).

Seperti diketahui, Bandar Udara Internasional Kualanamu menghabiskan kurang lebih Rp5,59 triliun yang terbagi dari Rp2,2 triliun  milik PT. Angkasa Pura II dan Rp3,39 triliun dari APBN.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Gatot Pudjo Nugroho mengungkapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah bersama-sama mewujudkan kehadiran Kualanamu di provinsinya itu.

"Akhirnya Kualanamu hadir di provinsi ini. Ini tidak terlepas dari usaha semua pihak," ujar Gatot dalam sambutannya.

Acara tersebut ikut diramaikan dengan pentas seni tarian tradisional Deli Serdang dan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Sumatera Utara.

Sesuai jadwal peresmian Bandar Udara Internasional Kualanamu, Presiden SBY seharusnya meresmikan secara simbolik pada pukul 12.00 WIB. Namun karena beberapa kendala teknis, SBY baru bisa hadir di tempat peresmian sekitar pukul 14.28 WIB.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini