nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Inspirasi Desain Atap Rumah Agar Berbeda

Selasa 08 April 2014 10:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 04 08 478 967009 wq5tTombdh.jpg Foto: Dok Annahape Studio.

ATAP adalah mahkota rumah. Atap dapat membuat facade rumah menjadi berbeda. Mungkin atap rumah Anda sudah waktunya diganti. Masalah yang sering terjadi antara lain kayu sudah keropos dan bocor di sana-sini.

Sebagai ganti kayu, mungkin Anda ingin menggantinya dengan atap baja ringan. Beban atap akan semakin ringan kalau Anda juga memilih menggunakan genteng metal.

Mumpung Anda akan merenovasi atap, atau malahan akan bangun rumah, tidak ada salahya mendesain atap yang sekaligus mempercantik rumah.

Banyak rumah  menggunakan bentuk atap pelana yang simpel. Selain biayanya lebih murah, mendesainnya juga lebih sederhana. Sederhana bukan berarti murahan. Pada tip kali ini akan saya berikan contoh bagaimana mengembangkan bentuk atap pelana.

1. Bentuk Standard: Atap Pelana Simetris

Bentuk dasar dari atap pelana adalah simetris. Panjang sisi kiri dan sisi kanan sama. Sudut kemiringan keduanya juga sama. Yang paling aman sudut kemiringannya adalah 28-30 derajat. Di daerah beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi, makin miring atap akan makin baik. Lihat gambar berikut.

2. Pengembangan A: Atap Pelana a- Simetris

Bentuk atap pelana simetris mungkin saja membosankan. Kalau begitu, Anda dapat membuatnya menjadi tidak simetris. Yaitu panjang sisi kiri dan sisi kanan berbeda. Demikian juga halnya dengan sudutnya yang tidak sama.

3. Pengembangan B: Atap Pelana Bertingkat/Berirama

Pengembangan model atap ini cocok untuk bangunan yang melebar ke samping. Pada contoh di bawah ini bangunan rumah cukup ekstrim lebarnya dan terdiri dari garasi, ruang service, ruang makan, ruang tamu dan dua kamar di sisi kanan. Bentuk atap pada rumah jenis ini memang sebaiknya bervariasi, agar tidak tampak membosankan. Bagian yang paling tinggi sebaiknya diletakkan pada ruang tamu atau ruang keluarga. Tujuannya agar rumah terasa lapang.

4. Pengembangan C: Atap Pelana Terbelah

Pengembangan yang lebih rumit adalah dengan membelah atap dan memberi jarak diantara kedua bagian. Bagian tengah diberi dak atau atap datar. Dengan cara ini rumah akan tampak lebih berkelas dan megah. Sudut kemiringan atap, akan menambah kemegahannya. Contoh di bawah adalah penerapan atap belah pada rumah tropis dua lantai. Jenis atap ini dapat juga dikembangkan menjadi atap belah simetris dan a-simetris.

Seluruh contoh desain di atas adalah sketsa awal belaka milik Annahape Studio. Masih diperlukan pengembangan dan penghitungan lebih lanjut sebelum sebuah sketsa dapat diterima. Namun semoga gambaran di atas memberi inspirasi.

Sumber :

Annahape.com

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini