Hatta: Jangan Hanya Ngomong, Tapi Beli Produknya

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 23 April 2014 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 23 320 974448 bQVksSBaQc.jpg Menko Perekonomian Hatta Rajasa. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Produk kerajinan yang tersaji pada acara The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2014, merupakan hasil jerih payah anak bangsa. Penyelenggaraan Inacraft merupakan wujud kerja keras dalam mempromosikan produk negeri sendiri, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Pada pameran kali ini produk kreatif dihasilkan dan 100 persen buatan anak bangsa dan bisa mengampanyekan 100 persen cinta Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Hatta melanjutkan, produk kerajinan merupakan sektor industri yang masih memiliki potensi atau peluang yang besar. Hal tersebut terlihat pada lima tahun terakhir yang tumbuh sekitar 5 persen, dengan nilai ekspor mencapai USD700 juta dengan tujuan negara Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Jepang dan Hong Kong.

"Bergesernya industri primer ke hilir yang mendorong nilai tambah. Pemerintah akan mendorong nilai industri bernilai tambah dan mengurangi bahan baku impor," tambahnya.

Hatta menjelaskan, pada pameran kerajinan kali ini dapat mengangkat produk Indonesia untuk bersaing dengan produk kerajinan dari negara-negara lain. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mencintai produk kerajinan Indonesia, namun harus dapat mengoleksi dengan membeli produk kerajinan dalam negeri.

"Pemerintah akan terus membantu buka pasar baik di dalam negeri maupun luar negeri dan membantu pembiayaan serta pelatihan-pelatihan bagi pengrajin Indonesia," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini