nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PR Pemerintah pada Sektor Logistik Masih Banyak

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Minggu 27 April 2014 18:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 04 27 320 976560 Sj5Ws4Sz27.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Bank Dunia telah mengeluarkan Logistics Performance Index (LPI) 2014 yang mencakup pengukuran kinerja logistik pada 160 negara. Adapun posisi Indonesia pada 2014 naik enam peringkat dari posisi pada 2012.

Namun demikian, Ketua Supply Chain Indonesia, Setijadi, menilai posisi tersebut menunjukkan bahwa pengembangan logistik Indonesia belum optimal. Di antara negara-negara ASEAN, misalnya, kinerja logistik Indonesia masih lebih rendah dari Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan Vietnam.

Menurutnya, dalam upaya peningkatan LPI, perlu dilakukan identifikasi terhadap komponen-komponen pengukuran LPI, yaitu customs, infrastructure, international shipment, logistics quality and competence, tracking and tracing, dan timeliness.

"Keenam komponen tersebut mewakili dua kategori, yaitu bidang regulasi kebijakan yang mengindikasikan masukan terhadap rantai pasok (customs, infrastructures, dan logistics competence) dan keluaran kinerja pelayanan (international shipment, tracking and tracing, dan timeliness)," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (27/4/2014).

Dia melanjutkan, hasil pengukuran LPI Indonesia menunjukkan bahwa semua komponen bidang regulasi kebijakan pada LPI 2014 mengalami peningkatan dibandingkan 2012, sedangkan semua komponen kinerja pelayanan mengalami penurunan.

"Upaya perbaikan perlu dilakukan terhadap semua komponen. Namun, perlu perhatian dan upaya lebih dalam perbaikan komponen-komponen kinerja pelayanan yang mengalami penurunan pada 2014 tersebut," tambah dia.

Dia melanjutkan ,pemerintah selama ini, terkesan tidak adanya perencanaan yang sistematis dan tereintegrasi berikut implementasi yang terkoordinasi secara baik dalam perbaikan dan pengembangan logistik. Hal ini bisa dilihat, misalnya, dari implementasi Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional (Sislognas).

Karenanya, upaya peningkatan LPI Indonesia hendaknya dilakukan secara terencana. Perencanaan mencakup program dan langkah-langkah yang disusun secara sistematis berdasarkan kondisi dan permasalahan yang ada untuk memperbaiki dan mengembangkan sistem logistik nasional. "Mengingat logistik merupakan sektor yang bersifat lintas institusi, maka upaya peningkatan LPI juga harus dilakukan secara terkoordinasi," tukas dia.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini