nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Union Busting, Buruh Nike Minta Tolong ke Obama

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 30 April 2014 13:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 04 30 209 978112 VTlb1dey9d.jpg Demo Buruh Nike (Foto: Hendra/Okezone)

JAKARTA - Serikat Pekerja (SP) yang tergabung dalam Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) saat ini tengah melakukan aksi demo di depan gedung Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Demo kali ini dilakukan oleh sekitar 1.000 karyawan dari PT Chang Shin. Di mana, kali ini, para demonstran tersebut membawa beberapa spanduk dengan berbagai macam tuntutan. Berdasarkan Pantauan Okezone, Rabu (30/4/2014). Tuntutan yang tertera di spanduk demonstran, yaitu :

"Buruh Indonesia Tidak Boleh Pintar!!, Rp11,5 triliun Nike untuk Manchester Uniter (MU) Bisaa.. ± Rp100 ribu x 25 orang (Rp2,5 juta) / bulan untuk CSR Bea Siswa/Mahasiswa, Nike Tidak Sanggup,"

"Help us President Obama, Nike always do union busting"

Tidak hanya itu, adapun spanduk yang menyatakan sikap para pekerja PT Chang Shin, yaitu, pekerjakan kembali sembilan orang pengurus serikap pekerja PPA PPMI PT Chang Shin Indonesia yang telah di PHK sepihak dan cabut semua sanksi SP 2 dan 3 kepada pengurus dan anggota oleh management PT Chang Shin Indonesia.

Mereka juga meminta hilangkan tindakan intervensi, intimidasi, diskriminasi, dan union busting yang ada di PT Chang Shin Indonesia. Juga menuntut bonus tahunan yang telah disepakati antara pimpinan PT Chang Shin Indonesia dan Serikat Pekerja Mandiri (SPM) PT Chang Shin Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini