Angka Pengangguran RI Hanya Turun 0,12%

Petrus Paulus Lelyemin, Jurnalis · Senin 05 Mei 2014 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 05 20 980233 4zx8v0sXyF.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA โ€“ Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka mencapai angka 7,2 juta orang atau 5,7 persen. Angka tersebut tercatat melambat dari perolehan angka pada periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 5,82 persen.

โ€œKalau dibandingkan dengan Agustus 2013 juga melambat. Tapi memang lebih pas kalau dilihat dengan Februari tahun sebelumnya,โ€ tutur Kepala BPS Suryamin dalam konferensi pers yang berlangsung di kantornya, Jakarta, Senin (5/5/2014).

Suryamin menjelaskan, angka pengangguran untuk tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) menempati posisi tertinggi yaitu sebesar 9,1 persen, disusul oleh pengangguran dari SMP 7,44 persen dan SD sebesar 3,69 persen.

โ€œDibandingkan dengan keadaan Februari 2013 angka pengangguran terbuka pada semua tingkat pendidikan mengalami penurunan kecuali pada tingkat pendidikan SD ke bawah dan Diploma,โ€ urainya.

Sementara itu, Deputi Statistik Sosial, Winandi Imawan menyatakan, faktor pendorong angka pengangguran terbuka masih mengikuti tren angka pertumbuhan ekonomi nasional yang pada kuartal ini tercatat melambat pada angka 5,21 persen.

โ€œIni memang seiring dengan angka tren pertumbuhan ekonomi,โ€ ujarnya.

Sekedar informasi, BPS sejak rilis ketenagakerjaannya kali ini, telah mengubah metode penelitiannya melalui proses yang mengikutssertakan tenaga ahli baik dari dalam maupun luar negeri.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini