Share

Pajak Warteg Sukses Dongkrak PPh Final

Maesaroh, Jurnalis · Rabu 07 Mei 2014 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 07 20 981530 25ol13qmDl.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Melihat pertumbuhan ekonomi yang mengalami kontraksi pada kuartal I-2014, maka pemerintah berencana merevisi laju pertumbuhan ekonomi. Adanya revisi pertumbuhan ekonomi ini, tentu akan membuat penerimaan pajak turut mengalami penurunan.

 

"Kalau asumsi pertumbuhan ekonomi turun, asumsi pajak harusnya lebih rendah. Karena kalau enggak, enggak imbang. Pengeluaran ditargetkan gede, tapi penerimaan enggak sampai," jelas Dirjen Pajak Fuad Rahmany kala dihubungi di Jakarta, Rabu (7/5/214).

 

"Tapi kan kami di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) ini enggak nyerah begitu saja. Kita potensi pajaknya besar, banyak sektor belum dipajaki, banyak orang pribadi yang belum bayar pajak," tambah dia.

 

Dia melanjutkan, menurunnya surat pemberitahuan pajak (SPT) tidak serta merta dianggap bahwa penerimaan pajak menurun. Pasalnya, dalam penyampaian SPT, banyak yang nihil. "Dia tetap harus serahkan SPT. Sekarang banyak yang e-filing mungkin belum konsolidasi, dugaan saya sih enggak turun," kata dia.

 

Menurut Fuad, DJP juga sudah membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk perusahaan yang omzetnya mencapai Rp4,8 miliar. "Kalau yang gede enggak usah dikasih insentif lagi, yang (omzetnya) Rp4,8 miliar ini saja sudah ratusan ribu perusahaan," tutur dia.

 

Fuad menjelaskan, sejak diberikan Pajak Penghasilan (PPh) final 1 persen bagi para usaha kecil menengah (UKM) seperti Warteg, penerimaan dari PPh final telah mengalami lonjakan. "Artinya tingkat kepatuhannya membaik. begitu disuruh bayar 1 persen dia bayar, tapi memang enggak triliunan angkanya," tukas dia.

 

"Sektor itu kan memang enggak terlalu besar, tapi dari segi keadilan dia jadi adil bayar pajak. Pertumbuhannya sekitar 40 persen, termasuk UKM, tapi itu sudah kita pisahin. Dulu tumbuhnya 20 persen, sekarang ada kenaikan dari penerimaan PPh final kita," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini