nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Filipina Sebut SBY seperti Paman, Kakak dan Jimat Keberuntungan

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Sabtu 24 Mei 2014 10:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 05 24 209 989504 2Wk55UN3T1.jpg Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Foto:Setkab)

JAKARTA - Hubungan bilateral antara negara Indonesia dan Filipina terjalin dengan baik, terutama sejak pemerintah Indonesia memberikan bantuan kepada masyarakat Filipina saat terjadi bencana topan Haiyan pada November 2013 lalu.

Hal tersebut disampaikan Presiden Filipina Benigno S Aquino III saat memberika sambutan dalam pemberian gelar kehormatan tertinggi dari Pemerintah Filipina, yaitu Order of Sikatuna with the Rank of Raja dengan kategori Grand Collar kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam sambutannya Presiden Filipina mengatakan, gelar tertinggi tersebut diberikan atas jasa-jasa Presiden SBY dalam memperkuat hubungan dan kerja sama Filipina dengan Indonesia selama ini.

Presiden Aquino mengaku sebagai salah seorang pengagum Presiden SBY, yang dianggapnya sudah seperti pamannya sendiri.

"Saat menghadiri KTT ASEAN di Myanmar, saya menyebut Anda sebagai paman saya," ujar Aquino seperti dilasnir Setkab, Sabtu (24/5/2014).

Namun, lanjut Aquini, kini ia lebih suka menyebut Presiden SBY sebagai kakak yang bijak. Bukan hanya kakak bagi bangsa Filipina, melainkan juga seluruh masyarakat Asia.

"SBY seperti kakak laki-laki buat setiap orang di Asia. Presiden SBY tidak hanya kakak tertua kami, tapi juga jimat keberuntungan kami," katanya.

Sementara Presiden SBY yang hadir bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono mengaku terhormat meneria gelar yang diberikan oleh Pemerintah Filipina itu.

"Saya terima gelar ini sebagai simbol persahabatan antara negara dan bangsa kami. Saya juga menerima ini atas nama rakyat Indonesia," ujar Presiden SBY.

Dalam kesempatan itu, Presiden SBY mengampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan pemerintah Filipina kepada dirinya dan delegasi Indonesia selama berada di Filipina. Presiden berharap hubungan bilateral antara kedua negara Asia Tenggara ini semakin kuat di masa mendatang.

Penghargaan  Order of Sikatuna itu selama ini dianugerahkan kepada diplomat, pejabat, dan warga negara asing yang dinilai berjasa dalam membina, mengembangkan, dan memperkuat hubungan dengan Filipina.  Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Sekjen PBB Ban Ki-moon, dan petinju yang kini menjadi Senator Filipina Manny Pacquiao adalah tokoh-tokoh yang pernah menerima penghargaan tersebut.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini