nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsep Sukses: Bertumbuh

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 17 Juni 2014 12:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 06 17 23 1000049 cKex2pGQiD.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KESUKSESAN selalu saja menjadi topik pembahasan yang menarik di banyak seminar dan pelatihan. Karena begitu besarnya pasar pelatihan untuk topik ini, banyak pelatihan-pelatihan sukses bermunculan menggarap pembahasan yang sama dan menginspirasi orang untuk menggapai kesuksesan. Semua orang, tanpa terkecuali, memiliki keinginanan yang besar untuk mencapai sukses.

Definisi sukses setiap orang bisa jadi berbeda. Ada yang menitikberatkan pada keseimbangan antara hal-hal materi dengan nonmateri seperti misalnya keberhasilan karier atau bisnis dengan kehidupan keluarga yang harmonis. Bagi orang tua, lain lagi arti sukses, sukses adalah ketika mereka berhasil mengantarkan anaknya menjadi pribadi yang baik dan mendidik mereka sehingga berhasil di masa depan

Membangun sukses bukanlah proses yang instan dan tidak terjadi dalam satu malam. Ada proses yang harus terjadi. Proses tersebutlah yang tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Tidak sedikit bahkan yang mengilustrasikannya dalam ungkapan”From zero to hero, from nothing to something,” yakni memulai dari nol bahkan dari belum ada apa-apa sama sekali sampai menjadi sesuatu.

Banyak orang ingin bertumbuh dengan baik dalam proses tersebut, namun tidak banyak yang persis tahu bagaimana caranya. Bahkan sebagian besar orang sering menemukan hambatan yang menghimpit atau membatasi mereka untuk bertumbuh.

Mari ambil waktu sejenak untuk beberapa pertanyaan berikut. Apakan anda berpikir bahawa anda seharusnya sudah mencapai lebih banyak atau lebih jauh dalam pekerjaan anda/karier bahawa anda seharusnya sudah mencapai target anda? Jika anda menjawab Ya terhadap pertanyaan tersebut, anda perlu lebih lanjut mengajukan pertanyaan berikut: Apakah anda memiliki masalah atau hambatan yang sama dengan yang anda miliki tahun lalu, dua tahun lalu? Jika Ya, anda tidak sedang bertumbuh. Apa yang membatasi anda dari realitas anda saat ini untuk menjadi seperti yang anda inginkan?

Mari kita identifikasi apa batasan tersebut dan beberapa hal akan saya ulas di sini. Dari beberapa temuan saya, salah satu hambatan sebesar di antaranya adalah zoda nyaman (comfort zone). Zona nyaman cenderung mematikan potensi anda dan anda berlindung di dalamnya seakan anda tidak memiliki masalah, padahal anda sedang bermasalah. Dengan dalih bersyukur, seseorang membiarkan potensinya terkubur, padahal dia mampu melakukan lebih banyak dan lebih hebat lagi dalam hidupnya perasaan puas diri (complacency) karena ketika anda merasa demikian, anda tikda akan mencapai lebih jauh.

Dalam konteks pekerjaan, ketika anda menerima target dan pencapaian anda selalu di bawah target setiap bulan dan anda menerima teguran berulang-ulang, kemungkinan besar Anda menjadi kebal dan tidak mempan lagi ditegur sehingga anda mungkin memerlukan tekanan yang lebih besar lagi untuk membangunkan anda dari tidur dan menyadarkan Anda. Apakah anda saat ini perlu disadarkan dari kenyamanan anda apa pun bentuknya itu agar Anda dapat sungguh bekerja pada potensi anda yang sesungguhnya?

Hambatan lain yang juga sering anda alami mungkin adalah kurangnya keyakinan atau kepercayaan diri untuk melangkah dan mengambil tindakan nyata. Coba anda memeriksa diri anda dengan pertanyaan berikut: Apakah anda untuk butuh informasi atau pengetahuan lebih banyak? Apakah anda perlu meningkatkan kemampuan anda lebih jauh lagi? Mungkinkah anda membutuhkan bantuan dari seorang pembimbing atau pelatih? Anda merasa bahwa sudah banyak yang anda lakukan tapi tetap saja Anda masih menemui kendala ?

Ingatlah bahwa kita tidak pernah akan diingat dari apa yang kita mulai lakukan, tapi kita akan diingat dan dinilai dari apa yang berhasil kita selesaikan. Sesungguhnya realitas kita dan cita-cita kita hanya sejauh kepercayaan diri kita untuk dengan mantap mengambil tindakan berani. Sebuah ungkapan dari Keith Johnson mengatakan demikian, ”history is snapshot og your future. History will repeat it self unless you do something different now.”

Sejarah atau masa lalu adalah gambar singkat dari masa depan anda. Sejarah akan berulang jika anda tidak melakukan sesuatu yang berbeda. Temukan seseorang yan memiliki kapasitas untuk membantu anda melakukan terobosan, mengidentifikasi masalah, memberi jalan keluar dan menginspirasi anda untuk melakukan perubahaan (transformasi ) dengan melakukan tindakan nyata. Salam go to the next level!

Men Jung, MM

Author Go To Next Level!

Founder PT Spirit Transformation International

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini