nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PU: Jembatan Merah Putih Ambon Mundur 5 Bulan Dari Target

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 04 Juli 2014 11:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 07 04 320 1008111 l4TcoZPDjz.jpg PU: Jembatan Merah Putih Ambon Mundur 5 Bulan Dari Target (Ilustrasi: Setkab)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyebutkan pembangunan Jembatan Merah Putih Ambon nampaknya akan mundur dari target yang sudah dicanangkan pemerintah, yaitu tidak dapat selesai pada akhir 2014.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU, Djoko Murjanto mengatakan, molornya pembangunan jembatan yang menghubungkan antarwilayah perbedaan kepercayaan ini disebabkan lantaran terhambatnya pengiriman bahan baku pembangunan jembatan oleh cuaca.

"Targetnya akhir Desember atau tahun baru 2015 kita akan pancangkan kembang api, tapi mundur-mundur lima bulan," kata Djoko di Kementerian PU, Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Djoko melanjutkan, Jembatan Merah Putih Ambon ini terbagi dari dua paket pengerjaan, di mana masing-masing paket senilai Rp400 miliar, dengan kata lain proyek tersebut senilai Rp800 miliar. Mengenai progres, paket bentang sudah mencapai 40 persen.

"Itu target kita menghubungkan teluk, itu menghubungkan untuk kubu muslim dan non muslim, wilayah Galala Ambon dan Poka itu daerah airport, sebelumnya kita puter 30 km, sekarang jadi, akhir 2014 selesai, tapi cuaca disana luar biasa, praktis membuat kita berhenti," tambahnya.

Oleh karena itu, sambung Djoko, pada musim kemarau panjang atau el nino dapat mempercepat pembangunan Jembatan Merah Putih Ambon. Pasalnya, pembangunan jembatan di wilayah Indonesia Timur ini sangat bergantung dengan cuaca.

"Persoalannya adalah kita sangat tergantung dengan cuaca, makanya saat elnino kita harapkan tanang dan bisa kita kerjakan dengan baik," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini