Image

Akses Bandara Kuala Namu Dipastikan Rampung Usai Lebaran

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 07 Juli 2014, 17:23 WIB
https img k okeinfo net content 2014 07 07 320 1009451 M2YICjhZ0Q jpg Ilustrasi bandara Kuala Namu. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyatakan akan menyiapkan akses mudik untuk beberapa wilayah di Sumatera menjelang lebaran tahun ini. Dengan demikian semua akses ke Sumatera tidak menemui hambatan.

"Kami akan fokus pada lintas timur di jalur lebaran wilayah Sumatera," Demikian diungkapkan oleh Wakil Menteri PU Hermanto Dadak saat rapat kerja dengan Komisi V DPR, di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Hermanto mencontohkan, seperti di Medan, Sumatera Utara, terutama akses jalan menuju Bandara Kualanamu sudah siap difungsikan pada H+10. "Ini akses Bandara Kualanamu sisa 2 Km, ada melingkar dan alternatif, dilewati dengan baik," jelasnya.

Dia menambahkan, jalur lebaran di Lampung paling banyak pengerjaannya di lintas timur. Untuk itu, H-20 ditargetkan selesai pengerjaan. "Tapi sifatnya agak khusus atau menjaga rutin rata menjelang habis untuk unit yang siap disiagakan. Dan secara umum permukaannya sudah rata," tukasnya.

Sekadar informasi, Bandara Internasional Kualanamu dibangun dengan terminal penumpang yang dapat menampung 8 juta penumpang per tahun atau hampir 10 kali lipat dibandingkan dengan Bandara Polonia di Medan, Sumut. Bandara Polonia telah berusia lebih dari 85 tahun.

Bandara berkode KNO itu memiliki landasan pacu (runway) berukuran 3.750 meter x 60 meter sehingga dapat melayani penerbangan dengan pesawat berbadan lebar (wide body). Bandara Internasional Kualanamu yang berada sekira 40 kilometer dari ibukota Sumut, Medan, itu memiliki luas saat ini mencapai 1.365 hektare.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini