nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuala Lumpur Berambisi Saingi Dubai & Tokyo

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Rabu 09 Juli 2014 06:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 07 08 471 1009913 OPJd8Y2zyQ.jpg Kuala Lumpur Berambisi Saingi Dubai & Tokyo (Foto : CTBUH)

KUALA LUMPUR - Sebagai salah satu kota yang berada di negara maju, Kuala Lumpur menyimpan ambisi yang tak main-main. Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Mohammad ingin menyulap kota Kuala Lumpur menjadi salah satu kota yang paling canggih di dunia.

Seperti dikutip dari CTBUH, Rabu (9/7/2014), serangkaian megaproyek tengah dirancang Kuala Lumpur dalam kurun waktu enam tahun ke depan. Proyek ini disebut-sebut akan mengubah wajah Ibu kota Malaysia ini agar bisa bersaing dengan kota-kota besar di dunia lainnya seperti Dubai atau Tokyo.

Beberapa proyek tersebut diantaranya Tun Razak Exchange (TRX), Bukit Bintang City Centre (BBCC) dan Warisan Merdeka. Proyek-proyek ambisius tersebut bertujuan untuk memamerkan semangat kewirausahaan Malaysia dan keahlian warga Malaysia dalam pembangunan perkotaan.

Megaproyek yang pertama adalah Bukit Bintang City Centre (BBCC). Proyek ini merupakan sebuah gedung pencakar langit yang digadang-gadang akan menjadi gedung tertinggi di Malaysia. Dengan tingginya yang mencapai 596 meter, gedung ini akan mengalahkan Menara Petronas yang tingginya hanya 150 meter. Gedung ini dijadwalkan akan rampung pada 2019 mendatang.

Sementara itu, proyek Tun Razak Exchange (TRX) akan menjadi pusat keuangan dan ekonomi internasional yang baru di pusat kota. Gedung pencakar langit setinggi 71 lantai ini dijadwalkan akan selesai pada 2018. Untuk tahap pertama, sebuah distrik keuangan baru dikawasan ini dibuka pada pertengahan 2015.

Dan yang terakhir adalah Bukit Bintang City Centre (BBCC). Proyek ini dibangun di lokasi bekas kawasan cagar budaya di Pudu Penjara tua yang telah dihancurkan pada tahun 2010. Proyek BBCC ini mencakup gedung setinggi 88 lantai, yang di dalamnya terdapat hotel dengan 400 kamar dan meniru bentuk menara Burj Khalifa di Dubai.

(wdi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini