Sektor Pertanian Banyak Serap Tenaga Kerja

Selfiani Hasanah, Jurnalis · Selasa 12 Agustus 2014 14:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 08 12 320 1023360 rnp9N60QEM.jpg Ilustrasi sektor pertanian. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat vital, mengingat stabilitas pangan sangat bergantung pada sektor ini. Namun, selain untuk pangan, pertanian juga dapat digunakan untuk sektor lainnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, pertanian menghasilkan barang yang bisa diproses lebih lanjut sebagai barang industri yang sekarang dikenal dengan manufaktur.

"Dan ini yang barangkali nanti akan dijalani antara sektor pertanian sama manufaktur supaya kita tidak menjual barang-barang yang tidak diproses," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Dia menjelaskan, bila barang tersebut sudah diproses menjadi barang setengah jadi ataupun sudah jadi, hal ini dapat menjadi sumber pendapatan negara yang akan lebih tinggi. "Lebih tinggi dibandingkan kalau kita menjual barang-barang," tambah dia.

Menurut dia, sampai sekarang sektor pertanian juga mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, dan memberikan peran terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Pertanian urutan ketiga setelah sektor industri manufaktur perdagangan dan pertanian di dalam menyerap tenaga kerja, juga urutan kedua setelah manufaktur kemudian juga ya pertanian ini," jelasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini