Mengenal Macam-Macam Ubin di Kamar Mandi

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Jum'at 15 Agustus 2014 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 15 472 1025076 lonky2g2Rr.jpg Mengenal Macam-Macam Ubin di Kamar Mandi (Foto : Asapala Home Design)

JAKARTA - Ada beragam jenis ubin di pakai untuk menghias dinding kamar mandi. Mulai dari porselen, keramik, quarry, hingga batu alam. Setiap jenis ubin memiliki kelebihan dan kekurangan.

Agar tak salah pilih, ada baiknya Anda mengenal dahulu beragam jenis ubin ini sebelum diaplikasikan di kamar mandi Anda. Sehingga, bukan hanya sekedar mempercantik kamar mandi, tetapi juga membantu Anda agar tidak pusing dengan perawatannya. Seperti apa? Berikut penjelasannya yang dikutip dari Asapala Home Design, Jumat (15/8/2014).

Porselen

Dibanding ubin keramik, ubin porselen ini jauh lebih padat dan keras. Kelebihan yang dimiliki ubin jenis porselen ini adalah sangat tahan terhadap percikan air. Kelebihan lainnya, retak pada porselen tidak akan terlihat sejelas retak pada keramik. Tidak hanya itu, porselen juga memiliki warna-warna yang lebih cantik dibandingkan keramik. Kekurangan yang dimiliki porselen hanya satu, yaitu biaya pemasangannya yang lebih mahal.

Keramik

Jika Anda memiliki budget yang terbatas, menggunakan ubin yang berbahan keramik bisa menjadi alternatif. Harganya yang terjangkau membuat ubin jenis ini menjadi idola. Meski lebih murah, keramik juga memiliki beberapa kelebihan. Keramik dikenal sebagai bahan terbaik yang tidak mudah lembab, meski harus dibersihkan dengan rutin. Sedangkan kelemahan yang dimiliki keramik adalah retaknya yang mudah terlihat dan merusak keindahan kamar mandi Anda.

Quarry

Selanjutnya adalah quarru atau genteng. Dibanding keramik, ubin jenis ini jauh lebih murah. Ubin jenis ini cocok bagi Anda yang ingin membangun kamar mandi yang bernuansa alami. Warna yang tersediapun beragam, warna-warna alami seperti krem, merah, dan coklat.

Batu alam

Terakhir adalah ubin batu alam. Ubin ini tersedia dalam banyak pilihan, sepertiĀ  travertine, granit, marmer, batu kapur dan sebagainya. Setiap jenis ubin dari batu alam ini memiliki kelebihan dan jenis harga yang berbeda. Ubin ini juga termasuk mahal dalam biaya perawatannya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini