nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Samsung Investasi di RI, Pemerintah Siapkan Insentif Pajak

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 19 Agustus 2014 14:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 08 19 320 1026650 IXityJTxhN.jpg Samsung Investasi di RI, Pemerintah Siapkan Insentif Pajak (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan mempertimbangkan memberikan tax allowance kepada perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung. Seperti yang diketahui, Samsung berencana membangun pabrik peralatan atau equipment ponsel di wilayah Jakarta.

"Dia sedang mempelajari semua kemungkinan fasilitas yang diberikan," ucap Menteri Perindustrian MS Hidayat kepada wartawan di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Hidayat menambahkan, pertimbangan pemberian tax allowance tersebut jika pihak Samsung sudah membangun pabrik komponen ponsel di Indonesia.

"Kalau dia nanti sudah membangun komponen di sini, peralatan di sini sudah ada machinery dan lalu menyerap tenaga kerja ahli dari Indonesia, kami akan pertimbangkan beri tax allowance, tapi kami belum bicarakan hal itu," sambungnya.

Samsung akan membangun pabrik baru pada September tahun ini. Adapun nilai investasi untuk pabrik tersebut mencapai USD20 juta atau Rp233 miliar. Hidayat mengungkapkan, latar belakang pembangunan pabrik ini karena besarnya permintaan ponsel Samsung di Indonesia.

"Itu adalah tahap pertama untuk pabrik baru, karena mengantisipasi lonjakan market yang besar yang datang dari Indonesia. Demand terbesar ASEAN di Indonesia. Kita beritahukan demand meningkat. Apalagi 50 juta kelas menengah Indonesia, 100 persennya adalah segmen pasar Samsung, seperti kalian ini," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini