CT: Izin Usaha Mikro Hanya 1 Lembar

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 20 Agustus 2014 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 20 20 1027224 eU7lhLqXJ9.jpg CT: Izin Usaha Mikro Hanya 1 Lembar (Foto: Runi/Okezone)

JAKARTA - Guna melindungi dan keberpihakan kepada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan akan mengeluarkan perizinan usaha dalam kertas satu lembar.

CT, sapaan akrab menko menambahkan, untuk merealisasikan hal tersebut akan dibawa ke sidang kabinet (setkab) pada awal September 2014.

"Kami para Menteri Ekonomi, Kepala BKPM dan Kepala BPOM baru saja menyelesaikan rakor mengenai perizinan. Seperti diketahui bahwa 18 Juli lalu telah melakukan rapat dan ditugaskan untuk institusi terkait untuk penyederhanaan perizinan. Dan diambil keputusan pertama mengenai perizinan untuk usaha mikro," ucap CT dia di kantor Kemenko Jakarta, Rabu (20/9/2014).

CT menjelaskan, untuk itu dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dikeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) setelah sidang kabinet di bulan September.

"Setelah sidang kabinet akan dikeluarkan aturan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Ini akan memberikan perlindungan kepada pelaku usaha dan kepastian hukum. Jadi kalau pelaku usaha mikro mendapatkan izin ini akan dapat insentif itu," paparnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini