nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Panas, Perhatikan Hal Ini di Rumah

Vahria Azhari Zeta, Jurnalis · Rabu 20 Agustus 2014 16:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 08 20 472 1027354 9WBxKM9xeX.jpg Musim panas, perhatikan hal ini di rumah. (Foto: Furnishburnish)

JAKARTA - Berada di garis Khatulistiwa membuat Indonesia menjadi negara tropis. Kondisi ini tak jarang membuat banyak orang sering merasa gerah akibat cuaca yang panas.

Karena itu, banyak orang yang menggunakan Air Conditioner (AC) di dalam rumah sekarang ini. Terlebih usai musim hujan yang cukup lama, Jakarta saat ini mulai memasuki musim panas.

Apa saja yang perlu diperhatikan pemilik rumah memasuki musim panas ini?

Arsitek dari PT Trimitra Multi Makmur, Ir. Toton Suhartanto IAI mengungkapkan bahwa tidak ada yang perlu direnovasi terkait dengan rumah saat musim panas. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Sebenarnya, agar rumah tidak menjadi panas, perlu didesain senyaman mungkin. Dengan sirkulasi udara yang bagus maka itu bisa teratasi," ucapnya kepada Okezone, Rabu (20/8/2014).

Dia juga menambahkan, dalam satu ruangan sebaiknya mempunyai dua bukaan (ventilasi) agar terjadinya pertukaran udara yang maksimal. Untuk atap baiknya yang bisa meredam panas, agar cahaya matahari tidak tembus langsung ke dalam rumah sehingga rumah tidak menjadi panas.

"Plafonnya juga perlu diperhatikan, pilih plafon yang bisa membuat cahaya matahari tidak masuk langsung ke dalam rumah," jelas dia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini