Share

Curhat Bos Bank Mandiri Sulit Buka Cabang di Singapura

Hendra Kusuma, Okezone · Selasa 26 Agustus 2014 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 26 209 1030111 pbQhMZx49Q.jpg Curhat Bos Bank Mandiri Sulit Buka Cabang di Singapura (Dirut Mandiri Budi G Sadikin (Tengah): Foto: Antara)

JAKARTA - Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 diperlukan keadilan dalam pengembangan di dunia perbankan. Terutama perizinan mengenai pendirian kantor di negara ASEAN.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Budi G Sadikin keluhkan perizinan di luar sangat sulit, padahal bank asing merajalela di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kita nggak dikasih izin, padahal bank Singapura punya 900 cabang di Indonesia, Malaysia punya 1.400 cabang di Indonesia. Kita minta satu saja enggak dikasih," ujar Budi, Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Menurutnya, negosiasi dengan regulator asing selalu kalah. Padahal, negara dengan pasar yang besar seperti Indonesia bisa gampang masuk di negara lain. "Kalau kita harapkan saat negosiasi, di Singapura saja. Itu pasar yang paling susah," ujarnya.

Karena, lanjutnya, sekarang Singapura sudah masuk ke Indonesia dengan cabang yang sangat banyak. "Mungkin jumlah cabang bank Singapura di Indonesia 10 kali dari jumlah cabangnya di Singapura," ujarnya.

(rzy)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini