nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menciptakan Nuansa Resor di Rumah

Sabtu 30 Agustus 2014 08:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 08 29 478 1031692 vOF1TNI6y2.jpg Menciptakan Nuansa Resor di Rumah (Foto : Interiorholic)

UPAYA mendambakan udara yang bersih dan lingkungan yang masih segar dan hijau bisa Anda dapatkan dengan menciptakannya di rumah anda sendiri.

Yang dimaksud dengan konsep resor pada rumah, yaitu konsep hunian yang berorientasi ke luar yaitu dengan memaksimalkan ruang terbuka, sedangkan setiap sudut juga memiliki orientasi ke luar. 

Apabila Anda kebetulan memiliki lahan berkontur yang menurun ke arah belakang  dengan aliran sungai kecil dan hutan akan bagus sekali untuk melengkapi konsep ini. Kondisi alam lingkungan di seputar rumah inilah yang akan dimaksimalkan menjadi bagian yang menyatu dengan suasana yang ingin diciptakan pada hunian bergaya resor.

Buatlah masa bangunan pada posisi tertinggi dengan menyisakan sedikit ruang terbuka di sisi depan yang dimanfaatkan sebagai taman depan. Dengan sistem ini rumah akan berorientasi ke belakang.

Keindahan taman belakang dapat dinikmati maksimal karena lebih luas dan lebih leluasa memandangnya. Untuk menunjang aktivitas ini Anda bisa membuat teras belakang lebih luas dan dilengkapi dengan kolam pancuran untuk mendukung suasana resor rumah tropis yang teduh.

Bila tanah berkontur usahakan seperti aslinya. Pada beberapa tempat bisa anda sempurnakan dengan terasering mengikuti garis masa bangunan sehingga kelihatan lebih teratur. Konsep ruang pada penataan outdoornya lebih diutamakan untuk menunjang aktivitas di sana. Kolam renang persegi bisa Anda tempatkan di ujung batas kapling. Bisa anda tambahkan gazebo untuk menunjang aktivitas berenang.

Konsep taman belakang biarkan terbuka guna memaksimalkan pandangan ke arah kolam dan hutan yang menjadi latar belakang pemandangan. Pohon peneduh bisa Anda pilih yang berbentuk transparan seperti kelapa dan palem yang struktur batangnya vertikal. Pohon peneduh yang kanopinya lebih horizontal ditanam pada bidang-bidang tepi sebagai pembatas terhadap area luar kapling.

Selebihnya komposisi soft material hanya terdapat pada area -area yang menghubungkan rumah induk dengan area aktivitas. Komposisi diarahkan untuk pembatas dan penunjuk arah dibuat rendah supaya view ke alam sekitar tetap lepas.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini