nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jual Batik Papua, Toko Ini Raih Rp400 Juta/Bulan

Hendra Kusuma, Jurnalis · Sabtu 06 September 2014 08:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 09 05 455 1034917 tcahcOfCXE.jpg Jual Batik Papua, Toko Ini Raih Rp400 Juta/Bulan. (Foto: Okezone)

SORONG - Tidak lengkap rasanya usai menyambangi Tanah Cenderawasih, Papua, tanpa membawa cenderamata. Banyak cenderamata unik yang tersedia di Papua. Mulai kalung dari taring babi, kuku buaya, jari cenderawasih, hingga koteka.

Namun, Indonesia lebih dikenal dengan keanekaragaman batik. Seperti, batik yang tersaji di Papua. Gambar cenderawasih selalu ada di setiap batik asal Tanah Mutiara tersebut.

Salah satunya Toko Aneka Papua Batik yang terletak di Jalan Selat Sagawin Nomor 2 Kota Sorong, yang setiap bulannya berhasil meraup keuntungan ratusan juta rupiah, hanya dengan menjual batik asli Papua.

"Pendapatan rata-rata Rp400 juta, paling sepi ya Rp300 juta setiap bulannya," kata Yani, kasir Toko Aneka Batik Papua.

Ia menyebutkan, toko tempat bekerja merupakan hanya toko cabang. Seluruh toko cabang Aneka Batik Papua berjumlah sekira 12 toko. Di mana, toko utama berada di Jayapura.

Tidak hanya itu, jikalau batik di toko habis, Yani menyatakan butuh waktu dua hari untuk kembali mengisi barang dagangan tersebut. "Karena kita ambil ke Jayapura langsung," tambahnya.

Dia menyebutkan, dalam melayani para pembeli, untuk Toko Aneka Batik Papua Cabang Sorong ini dilayani oleh tujuh karyawan. "Cabang Sorong sudah berdiri 14 tahun," jelas dia.

(wdi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini