Olimpiade Pasar Modal Nasional 2014

Senin 22 September 2014 08:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 09 22 226 1042399 sNHqB75poT.jpg Olimpiade Pasar Modal Nasional 2014 (Ilustrasi: Okezone)

Berbagai cara dilakukan SRO (Self Regulatory Organization)  pasar modal dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menyebarluaskan informasi dan menyosialisasikan pasar modal. Salah satunya dengan menggelar Olimpiade Pasar Modal Nasional (OPMN). Kegiatan ini menjadi program tahunan  kompetisi bagi para siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Indonesia.

OPMN  yang diselenggarakan  Bursa Efek Indonesia (BEI), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dengan dukungan OJK bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KEMDIKBUD) dan Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia (AGEI).  Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu cara mencetak sumber daya manusia berkualitas di pasar modal Indonesia.

Tahun ini adalah tahun kelima pelaksanaan acara OPMN yang dimulai pertama kali pada tahun 2010. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat antar siswa, antar sekolah, dan antar daerah di Indonesia sekaligus sebagai ajang bagi para siswa SMA/MA untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan tentang pasar modal.

Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan menjadi pendorong peningkatan pelaku pasar modal di kalangan generasi muda. Dan yang terpenting, tidak hanya menjadi sekadar wacana verbal, tetapi harus disertai langkah konkrit yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. 

OPMN 2014 diikuti peserta dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, meningkat dibanding partisipasi tahun sebelumnya yang  diikuti  33 provinsi. Seleksi Wilayah OPMN 2014 telah dilaksanakan pada  Agustus 2014, di mana Juara 1 di tiap wilayah mewakili provinsi untuk mengikuti babak final di Jakarta.

Juara  I OPMN 2014 jatuh ke tangan  Ahmad Hamzah dari SMAN 1 Depok yang mewakili Provinsi Jawa Barat.  Sementara juara II jatuh ke tangan Andrian Wiajaya dari SMAN 3 Jambi yang mewakili Provinsi Jambi, dan juara III diraih oleh Ray Juna Dwitama dari SMAN 3 Batam yang mewakili Provinsi Kepulauan Riau.

Final OPMN diselenggarakan Senin-Selasa, 15-17 September 2014 di BEI yang terdiri dari Tes Tertulis, Pembuatan Makalah, Presentasi Makalah, Simulasi Perdagangan, dan Babak Cepat Tepat. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada acara pembukaan Investor Summit and Capital Market Expo (ISCME) 2014 di Hotel Ritz Carlton pada 17 September 2014. (BEI)

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini