Wamendag: Bulu Mata Palsu Indonesia Terkenal di China

Selfiani Hasanah, Jurnalis · Selasa 23 September 2014 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 23 209 1043211 ClOCcYI6gB.jpg Wakil Mendag Bayu Krisnamurti. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Bayu Krisnamurti minggu lalu melakukan kunjungan ke China dalam rangka misi perdagangan. Salah satu kota yang dia kunjungi, yaitu Kota Naning.

Menurutnya, selama berada di Naning dia menghadiri dan ikut membuka China ASEAB Expo, sebuah kerjasama yang dilakukan antara China dengan negara-negara ASEAN. Acara ini dihadiri oleh perdana menteri Singapura dan perdana menteri Kamboja dan beberapa wakil perdana menterinya.

"Ini adalah sebuah kesepakatan kerjasama antara China dan ASEAN yang telah berlangsung ke 11 kalinya," ujarnya saat ditemui di gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Dia mengatakan Indonesia telah mengikuti acara tersebut sejak pertama kali acara itu dilakukan. "Yang pernah dibuka langsung oleh bapak presiden SBY dan pernah juga oleh Wakil Presiden Budiyono," tuturnya.

Bayu menambahkan, acara China Expo merupakan sesuatu yang prestisius, dan Indonesia dapat memanfaatkan acara tersebut sebagai ajang mempromosikan produk-produk asli asal Indonesia.

"Pavilion Indonesia cukup baik, kita mendapat tempat bagus, terhormat, dan cukup luas, terakhir penutupan kita dapat info USD5,2 juta penjualan on the floor, itu bukan untuk kontrak tindak lanjut, jadi di lantai pameran saja," jelasnya.

Dirinya juga menambahkan penjualan tersebut naik dua kali lipat lebih dari 100 persen dibandingkan tahun lalu. "Yang kurang dari USD3 miliar, yang laku yang paling banyak dicari furnitur, batu alam, bulu mata palsu. Kata mereka 'Indo is famous for bulu mata palsu', kemudian kopi, sabun dan batik," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini