Mengintip Semrawutnya Rusun di Hong Kong

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Rabu 24 September 2014 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 24 474 1043768 rXWHBf8ScB.jpg Mengintip Semrawutnya Rusun di Hong Kong dari Kacamata Fotografer (Foto : Designboom)

HONG KONG - Kota Hong Kong merupakan salah satu kota dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Seperti kota besar di dunia pada umumnya, masalah kependudukan juga menjadi masalah yang lumrah di Hong Kong.

Harga lahan yang kian mahal membuat pemerintah Hong Kong membangun jejeran rumah susun (Rusun) di setiap sudut kota agar rakyatnya tetap dapat tinggal di pusat kota. Demikian dilansir dari Designboom, Rabu (24/9/2014).

"The stacked urban architecture" adalah tema dari foto-foto yang diambil oleh salah seorang fotografer yang bernama, Peter Stewart. Ia memotret gambar rusun-rusun pencakar langit di Hong Kong yang dicat dengan warna-warni.

Fotografer asal Australia ini mengabadikan serangkaian gambar yang menampilkan sesaknya perumahan publik di kota ini. Agar lebih dramatis, ia memotret keadaan rusun-rusun ini dari bawah. Jemuran kain dimana-mana lantai yang becek seakan menjadi pemandangan lumrah di setiap rusun di kota Hong Kong.

Sebelumnya, fotografer asal Prancis, Romain Jacquet-Lagreze juga pernah mengabadikan rusun-rusun ini beberapa waktu lalu. Ia ingin mengabadikan gambar pencakar langit Hongkong sangat kuat dan betul-betul "berbicara".

Berbeda dengan Peter, Jacquet mengambil foto-foto gedung ini dengan tema "vertigo". Di sinilah ia berhasil menangkap fenomena melonjaknya gedung pencakar langit di negara itu.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini