nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Agar Atap Rumah Tetap Awet

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Sabtu 27 September 2014 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 27 472 1045242 7GRHcMlK29.jpg Trik Agar Atap Rumah Tetap Awet (Foto : Npihome.com)

JAKARTA - Atap merupakan salah satu bagian paling krusial yang ada di badan rumah. Dengan adanya atap, melindungi anggota keluarga Anda dari hujan, badai dan terik matahari.

Faktor cuaca dan usia sering menjadi salah satu penyebab atap rumah menjadi cepat rusak. Ongkos penggantian yang mahal dan pengerjaannya yang lumayan lama membuat kebanyakan orang melakukan berbagai cara agar atap rumahnya dapat bertahan selama mungkin.

Dengan sedikit perawatan ekstra, atap rumah bisa bertahan hingga 10 tahun bila dirawat dengan benar. Dilansir dari Freshome, Sabtu (27/9/2014) berikut trik merawat atap agar tetap awet.

Lakukan perawatan secara rutin

Merawat atap secara rutin bukan berarti harus membersihkannya setiap minggu. Normalnya, perawatan untuk atap hanya dilakukan dua kali dalam setahun. Yaitu pada awal musim dingin dan awal musim panas. Ini dilakukan agar atap rumah Anda siap menghadapi musim tersebut. Cara membersihkannya, Anda cukup membersihkan permukaan atap dari berbagai kotoran, membersihkan saluran pembuangan air, dan membasmi lumut yang tumbuh.

Tidak ada salahnya berinvestasi besar pada atap

Mengeluarkan anggaran lebih besar untuk mencegah terjadinya kerusakan dikemudian hari tidak ada salahnya dilakukan. Pilihlah material yang benar-benar berkualitas untuk menjaga ketahanan dari atap Anda. Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. Pertama pada loteng. Pastikan loteng Anda memiliki isolasi yang sesuai. Isolasi yang benar juga akan membantu suhu di dalam rumah Anda tetap stabil, sehingga menghemat biaya listrik.

Yang kedua adalah ventilasi. Ventilasi yang baik tentu akan membantu mencegah penumpukan uap air yang dapat meruskan selubung atap dan langit-langit. Cek ventilasi loteng Anda. Pastikan mereka selalu dalam kondisi bebas dari kotoran, jika perlu, pasang kipas ventilasi untuk menjaga agar selalu tetap kering.

Yang ketiga adalah potong setiap ranting pohon yang menjuntai ke atap. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ranting tersebut patah dan menimpa atap rumah Anda jika terjadi hujan badai.

Menyewa tukang yang profesional

Panduan untuk memasang atap yang benar memang banyak beredar di internet. Tapi, Anda juga harus bisa mengukur kapasitas Anda. Tidak ada salahnya menyewa tukang yang sudah profesional untuk memasang atap rumah. Selain mereka mampu memastikan semuanya aman, mereka juga lebih mengetahui seluk beluk atap dengan baik.Setelah itu, jangan lupa menjalin komunikasi dengan baik dengan si tukang. Karena, sewaktu-waktu Anda pasti akan membutuhkan jasa tukang tersebut kembali. 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini