nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Elegan & Romantis dengan Gaya Shabby Chic

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Sabtu 27 September 2014 18:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 09 27 472 1045256 QULAyL59wQ.jpg Elegan & Romantis dengan Gaya Shabby Chic (Foto : mychicadventure)

JAKARTA - Bosan dengan penataan yang itu-itu saja? Saatnya untuk melakukan perubahan yang sederhana, namun tetap terlihat elegan, yaitu Shabby Chic. Gaya ini tidak banyak mengeksplorasi warna dan cenderung bermain pada ruang monokrom yang aman, dan lembut, dapat mengurangi stres dan menciptakan kesan romantis. Mau mencoba?

Mengesankan lusuh dan kusam, interior bergaya shabby chic sudah ada sejak awal abad ke-18. Gaya ini lazim dijumpai pada lukisan dekorasi Swedia dan hunian French chateau. Gay ini melambangkan kenyamanan, efisien, kesederhanaan dalam desain, namun tetap terlihat elegan.

Untuk menerapkan gaya desain ini di rumah, ada beberapa yang harus Anda perhatikan. Ini trik menerapkan gaya Shabby Chic di rumah yang dilansir dari Reader Digest, Sabtu (27/9/2014).

Pencahayaan

Pencahayaan memegang peran penting dalam gaya desain shabby chic. Dalam gaya desain ini, Anda dapat menggunakan lampu kristal gantung atau chandelier yang antik, atau bergaya vintage. Lampu-lampu ini sebaiknya Anda beli di pasar loak, untuk semakin memperdalam kesan lusuhnya. Lampu ini bisa Anda pajang di kamar mandi, kamar tidur, ruang makan, foyer atau ruang tamu.

Atau, jika Anda tidak menemukan lampu antik yang sesuai dengan selera, Anda juga dapat membeli lampu chandelier yang baru. Semprotkan cairan cat logam putih untuk membuat lampu seolah-olah terlihat lusuh.

 

Warna

Desain shabby chic sama sekali tidak menggunakan warna-warna terang. Contohnya, pada alas kursi gunakan warna putih, dan padukan dengan warna krem pada dinding dan furnitur.

Aksesori

Gunakan aksesori yang berkesan romantis seperti renda pada bantal, selimut, atau tirai jendela. Atau Anda juga bisa menambahkan aksesori lain seperi keramik-keramik. Pada furnitur, Anda bisa menggunakan sofa, lalu lukisan yang bertema gelap, lilin putih, serta cermin dengan bingkai elegan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini