nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlengkapan Wajib Ada di Toilet untuk Lansia (I)

Meutia Febrina Anugrah, Jurnalis · Senin 29 September 2014 13:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 29 472 1045777 j5xoqpkIF8.jpg Perlengkapan Wajib Ada di Toilet untuk Lansia (Foto : Interiorholic)

JAKARTA - Kamar mandi untuk lansia atau lanjut usia memang harus di desain secara khusus, sebab para lansia kerap mengalami masalah di kamar mandi dan bisa fatal akibatnya. Entah itu terpeleset, terkunci atau lainnya.

Seperti diungkapkan peneliti UGM Bambang Suhardi, Brian Pujo Utomo, Taufiq Rochman dalam risetnya: Desain Kamar Mandi untuk Orang Lanjut Usia, Senin (29/9/2014), berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendesain kamar mandi untuk lansia.

Tempat duduk

Perlu dibuat tempat duduk sehingga dapat membantu lansia saat akan membersihkan badan dan aktivitas lainnya. Tempat duduk juga berfungsi untuk mengurangi kelelahan lansia saat membersihkan badan.

Pintu

Pintu bagi kamar mandi khusus lansia perlu dirancang dengan desain yang sesuai dengan lansia. Selain itu, pengoperasiannya juga harus muda agar lansia tidak mengalami kesulitan saat menggunakannya. Selain itu, desain pintu yang tidak rumit akan membantu lansia baik yang mengalami penurunan fisik ataupun mental.

Hand rail

Pada kamar mandi khusus lansia perlu ditambahkan hand rail, sehingga lansia dapat dengan mudah keluar masuk kamar mandi tanpa ada resiko terjatuh.

Kloset duduk

Lansia sebaiknya menggunakan kloset duduk karena lansia akan merasa lebih nyaman menggunakannya dibanding kloset jongkok. Selain itu, kloset duduk ini juga berfungsi untuk mengurangi kelelahan saat lansia buang air kecil ataupun buang air besar

Selang pembersih

Selain ini perlu ditambahkan ke dalam kamar mandi khusus lansia, karena untuk memudahkan mereka mengambil air saat buang air kecil atau buang air besar. Selain itu, selang ini juga berfungsi untuk mengurangi kelelahan saat mengambil air yang biasanya dilakukan secara berulang-ulang.

(bersambung)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini